telkomsel halo

Update Zoho Creator, permudah bisnis bangun solusi digital

08:00:00 | 08 Mar 2022
Update Zoho Creator, permudah bisnis bangun solusi digital
JAKARTA (IndoTelko) -- Zoho memperkenalkan platform low-code versi terbaru dari  Zoho Creator. Ini adalah solusi lengkap yang menjembatani pengguna bisnis dan TI dengan memberikan pengalaman menciptakan solusi bisnis tanpa memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam.  

Low-code adalah sebuah cara pengembangan perangkat lunak yang menggunakan teknologi antarmuka visual dengan logika mendasar serta kemudahan seret dan lepas dalam platform yang sudah dirancang untuk hal tersebut, tanpa perlu menulis satu kode pun bahasa pemrograman.

Perusahaan di Asia Pasifik kian banyak menggunakan platform low-code untuk menerapkan solusi bisnis yang cepat dan aman guna mendorong upaya transformasi digital mereka.  Dengan tren ini, pasar platform pengembangan low-code di Asia Pasifik akan memperlihatkan pertumbuhan pasar sebesar 27,1 persen dalam tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) selama periode prediksi tahun 2020-2026.

Adopsi platform low-code memungkinkan organisasi mengembangkan aplikasi secara cepat sesuai kebutuhan bisnis mereka dengan tenaga yang sudah ada. Untuk menghadapi permintaan aplikasi bisnis yang melonjak, solusi sebaiknya mudah diterapkan, terukur, dan hemat biaya. 

Melalui Zoho Creator, pengguna dapat membangun, mengelola, mengintegrasikan, serta menganalisis bisnis mereka. Hal ini memungkinkan pengelolaan aplikasi bisnis yang end-to-end dalam satu platform. Kemampuannya komprehensif, dan penerapannya sepuluh kali lebih cepat dari solusi yang ada di pasaran. Dengan serangkaian tool dalam platform low-code ini, pengguna TI dan bisnis dapat saling bekerja sama untuk membuat dan menerapkan aplikasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.  

"Selain Zoho Creator , hanya ada sedikit solusi low-code di pasar yang memungkinkan pengguna bisnis atau TI untuk menciptakan alat sekaligus memungkinkan tim IT mengelola keamanan, kepatuhan, integrasi, dan tata kelola yang berkelanjutan” ujar Gibu Mathew, Vice President dan General Manager Zoho Wilayah Asia Pasifik. "Perpaduan dua disiplin ilmu dan profil pengguna memperlihatkan nilai unik dari platform Creator ini." 

Zoho Creator mengintegrasikan data digital dan proses untuk memfasilitasi penciptaan solusi yang benar-benar gesit. Pengembang bisnis kini dapat dengan mudah membangun solusi low-code yang bisa dioptimalkan, seperti aplikasi, integrasi, analitik, dan otomatisasi proses tanpa pelatihan yang mahal dan memakan waktu, yang biasanya dibutuhkan oleh platform yang kompleks. Bagi pemangku kepentingan bidang TI, platform ini memberikan kontrol yang lebih akan tata kelola dan manajemen tanpa mengorbankan otomatisasi, wawasan berbasis data, 

maupun kustomisasi. Pengguna bisnis dan TI, bersama-sama, dapat dengan cepat menerapkan solusi dinamis yang aman, dibuat secara otomatis terfokus pada pemecahan masalah bisnis dan mengejar peluang baru. 

Astrid Paramita, CEO FoodCycle, anggota Global Foodbanking Network (GFN) dari Indonesia berbagi cerita, "Zoho Creator sangat ramah pengguna dan siapa saja yang memiliki literasi digital dasar dapat menjelajahi platform low-code ini dan membuat solusi sesuai kebutuhan. Menggunakan drag-and-drop form dan module, kami dapat menerapkan aplikasi dasar untuk bisnis kami dengan cepat. Saat tuntutan terus berkembang dan kebutuhan akan solusi kompleks dan terstruktur bertambah, kami bisa dengan mudah menghubungi tim Zoho Creator. Dari perspektif bisnis usaha kecil, harga berbasis penggunaan adalah harga yang hemat biaya. Zoho Creator telah membantu mengurangi hambatan bagi bisnis kecil dan memberi kami akses teknologi yang sekelas perusahaan besar."

Bagian Utama Inovasi di Platform Creator Baru

Dengan membangun sebuah aplikasi melalui platform Creator baru, pengguna dapat menciptakan, mengintegrasikan, menganalisis, dan mengelola solusi bisnis kustom dari satu dasbor. Melalui teknologi AI yang disempurnakan serta kapabilitas dalam proses perancangan, aplikasi dapat diperluas dan diimplementasikan dengan cepat. Selain itu, pengembang dapat menulis, menyimpan, dan menjalankan code block yang dapat digunakan kembali di platform Zoho Creator menggunakan Deluge, Java, maupun Node.js.

Pengembang dapat memanfaatkan model universal cloud untuk transfer data yang aman, dengan mengotomatiskan peraturan integrasi data dengan arsitektur data terpadu serta lebih dari 650 konektor plug-and-play. Hal ini memungkinkan integrasi data yang lebih mudah bagi pengguna. Menggunakan Integration Status Dashboard, pengguna dapat melihat seberapa efektif integrasi yang berjalan, juga, memungkinkan organisasi menemukan masalah dan menyelesaikannya dengan cepat. 

Selain itu, Zoho Creator kini menyertakan kecerdasan bisnis dan teknologi analitik. Hal ini memungkinkan pengguna memperoleh wawasan bisnis dari data yang ada dalam aplikasi mereka tanpa perlu berlangganan aplikasi lainnya. Karena solusi saat ini dapat diluncurkan di lingkungan berbeda dengan sekali klik, pengembang telah meningkatkan kendali atas pengembangan dan manajemen siklus hidup produk.  (ssa)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year