telkomsel halo

Huawei P50 Pro punya kamera dual matrix

10:00:00 | 25 Jan 2022
Huawei P50 Pro punya kamera dual matrix
JAKARTA (IndoTelko) -- Huawei memperkenalkan sistem Kamera Dual-Matrix pertama yang disematkan pada HUAWEI P50 Pro. Kamera Utama pada HUAWEI P50 Pro dirakit dari dua lensa – satu lensa RGB, satu lensa monokrom, dan sensor multi-spektrum yang disesuaikan dengan kemajuan konsep AI-Raw, yang memungkinkan untuk mempertahankan keaslian warna dari foto yang dihasilkan. Dalam artikel ini, Huawei akan menjabarkan bagaimana system kamera pada HUAWEI P50 Pro dapat menangkap gambar yang lebih nyata. 

Hal yang kerap dikeluhkan terkait smartphone adalah penggunaan lensa tunggal di dalam perangkatnya. Oleh karena itu, untuk menjadikan efek imaging yang lebih baik, maka area sensor pada lensanya perlu ditingkatkan. Banyak yang menganggap semakin besar sensor maka pencitraan akan lebih baik nyatanya sulit diterapkan pada smartphone dengan ruang yang terbatas.  

Sehingga Huawei memperkenalkan solusi untuk permasalahan ini dengan menambah jumlah lensa kamera secara teoritis dapat melipatgandakan cahaya yang masuk, dan Huawei telah mengadopsinya melalui kombinasi lensa monokrom dan lensa warna. Mengapa Huawei menggunakan solusi ini dan tidak menggunakan solusi kamera dua warna? 

Filter warna RGB dapat mengurangi  tingkat kecerahan, jadi untuk mengumpulkan kecerahan yang hilang, filter ini hanya mengumpulkan sinyal kecerahan warna monokrom. Lensa monokrom dapat mengumpulkan sinyal kecerahan dari tiga warna RGB sekaligus, maka beberapa cahaya yang masuk juga lebih tinggi dibandingkan sensor RGB dalam pengaturan Bayer sebelumnya. 

Namun, algoritma ini rupanya masih menemukan sedikit permasalahan. Meskipun kedua lensa pada smartphone lebih dekat dengan kinerja mata manusia, tetap ystemi perbedaan sudut pandang. Menjawab tantangan tersebut, Huawei telah mengusulkan konsep AI-Raw sejak beberapa tahun lalu. Saat menekan tombol shutter, sensor akan mengambil beberapa foto untuk melakukan pemrosesan fusi, sementara detail gambar sedang diproses melalui sensor. Dengan ystemi, hilangnya konversi sinyal elektrik saat proses menghasilkan gambar dapat berkurang.  

HUAWEI P50 Pro memperkenalkan sistem Kamera Dual-Matrix pertama.

Tidak ketinggalan, HUAWEI P50 Pro memperkenalkan sistem kamera Dual-Matrix pertama. Kamera Utama pada HUAWEI P50 Pro dirakit dari dua lensa – satu lensa RGB, satu lensa monokrom, dan sensor multi-spektrum yang disesuaikan dengan kemajuan konsep AI-Raw. Sistem kamera tersebut memungkinkan warna RGB dan sensor monokrom untuk melakukan pemrosesan fusi dengan beberapa foto sekaligus pada level sinyal elektrik. Modul fusi dapat memanfaatkan kedua sensor sepenuhnya, terutama dengan menggunakan lebih banyak cahaya yang diambil melalui sensor monokrom dengan noise gambar yang lebih sedikit untuk mempertahankan keaslian warna. 

Selain itu, HUAWEI P50 Pro juga memiliki skema warna khusus untuk fusi monokrom yang secara dinamis dapat memperbarui white balance dan koreksi warna pada foto, sehingga dapat meningkatkan fitur adaptasi scene foto yang lebih baik. Terintegrasi dengan mesin pemrosesan gambar dengan resolusi tinggi, HUAWEI P50 Pro dapat menghasilkan gambar yang lebih cerah dan mampu membidik objek dengan lebih banyak cahaya yang masuk, sehingga menghasilkan foto yang lebih jernih. (SYR)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year