telkomsel halo

Bank Mandiri dan Orbit Future Academy siapkan siswa SMA unggulan berbasis digital

09:18:34 | 12 Dec 2021
Bank Mandiri dan Orbit Future Academy siapkan siswa SMA unggulan berbasis digital
JAKARTA (IndoTelko)- Dalam era Revolusi Industri 4.0 yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi digital, Bank Mandiri konsisten mendukung sektor pendidikan di Indonesia untuk menciptakan generasi muda terampil, handal, serta adaptif. Hal ini sejalan dengan arahan Kementerian BUMN terkait penggunaan anggaran Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), yang salah satu amanatnya adalah titik-berat dukungan dunia industri ke sektor pendidikan.

Komitmen ini diwujudkan melalui partisipasi Bank Mandiri dalam program “Sekolah 4.0”, atas kolaborasi bersama PT Orbit Ventura Indonesia. Rohan Hafas selaku Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri menjelaskan, program kolaboratif dari Orbit Future Academy ini akan mengembangkan Smart Classroom Network dan Platform for Future Skills yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru sekolah dalam memberdayakan generasi muda agar siap bertransformasi dan adaptif terhadap Revolusi Industri 4.0.

Program “Sekolah 4.0” ditujukan untuk sekitar 200 guru dan 1.000 pelajar dari 20 SMA / SMK yang tersebar di seluruh Indonesia. "Agar Indonesia dapat terus berkompetisi, kita harus dapat beradaptasi dengan segala perubahan yang ada. Untuk itu, SDM yang berkualitas menjadi hal yang penting dan menjadi perhatian bersama, karena kreativitas dan inovasi menjadi  penentu keberhasilan kita semua di era yang serba digital ini," ujar Rohan, dalam keterangan resminya pada Rabu, 1 Desember 2021.

Sementara itu, Ilham Akbar Habibie sebagai Co-Founder & President Commissioner Orbit Future Academy menjelaskan bahwa program “Sekolah 4.0” merupakan salah satu inisiatif penting untuk meningkatkan keterampilan digital sekolah-sekolah yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia, termasuk di area pelosok yang terpencil sekalipun.

“Kami percaya bahwa program-program inovatif ini akan membawa kesetaraan distribusi ilmu dan penyederhanaan metode pembelajaran digital, sehingga generasi muda kita siap dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan dan karir di masa mendatang. Kami senang dan bangga dapat berkolaborasi bersama rekan-rekan pegiat CSR yang percaya pada pentingnya pembangunan Sumber Daya Manusia untuk membangun Indonesia yang lebih baik lagi,” terangnya.

Senada dengan Ilham, Sachin V. Gopalan selaku Co-Founder & President Director Orbit Future Academy menyampaikan, pihaknya telah bermitra dengan banyak perusahaan teknologi terbaik kelas dunia, untuk kemudian menyesuaikan dan menyelaraskan program tersebut dengan kebutuhan guru dan siswa Indonesia.

“Intel, perusahaan semikonduktor terbesar di dunia, menyediakan kursus Artificial Intelligence. Microsoft, perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia, menyediakan Sertifikasi Guru. Amazon Web Services (AWS), perusahaan komputasi awan (cloud computing) terbesar di dunia, menyediakan program untuk mengajarkan bagaimana kaum muda dapat menjadi bagian dari dunia teknologi digital yang akan datang. Banyak mitra strategis lainnya yang bekerjasama dengan Orbit Future Academy untuk menyediakan program kelas dunia yang akan meningkatkan keterampilan masyarakat Indonesia dan membantu kita melompat beberapa tahun ke depan," paparnya.

Program yang secara perdana dimulai pada 6 Desember 2021 selama 6 bulan ke depan akan membina generasi muda dan guru untuk mengembangkan SDM berkualitas yang dibutuhkan oleh industri di masa depan, baik sebagai pencipta lapangan kerja maupun pencari kerja. 

Selain itu, Bank Mandiri juga turut memberikan pelatihan guna menciptakan digital mindset hingga mampu menghasilkan produk atau aplikasi digital untuk menunjang keterampilan siswa-siswi peserta. "Kami berharap Program Sekolah 4.0 ini dapat menciptakan SDM berkualitas serta melahirkan Wirausaha Muda untuk meningkatkan kapasitas lapangan kerja di dalam negeri yang mampu bersaing secara global," pungkas Rohan.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year