Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Tower Bersama caplok 3 ribu menara IBST

08:47:43 | 23 Dec 2020
Tower Bersama caplok 3 ribu menara IBST
Angkasa Pura 2
JAKARTA (IndoTelko) - PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) melalui anak perusahaannya, PT Tower Bersama, telah menandatangani perjanjian jual beli aset bersyarat dengan PT Inti Bangun Sejahtera Tbk (IBST).

Pembelian itu untuk sebanyak-banyaknya 3.000 menara, dengan nilai keseluruhan sebesar US$ 280 juta atau setara Rp 3,97 triliun.

"Akuisisi ini melengkapi strategi utama kami yang berfokus pada pertumbuhan organik. Dalam basis proforma, transaksi ini akan meningkatkan EBITDA kami sekitar 10% dan memiliki dampak penambahan langsung,” ujar CEO Tower Bersama Infrastructure Hardi Wijaya Liong dalam keterangan, Rabu (23/12).

Dijelaskannya, penyelesaian transaksi ini masih membutuhkan berbagai persetujuan termasuk persetujuan pemegang saham dan pemberi pinjaman dari Tower Bersama dan Inti Bangun Sejahtera. Transaksi ini diharapkan akan selesai menjelang akhir triwulan pertama tahun 2021.

Secara proforma dengan menggunakan buku per 30 September 2020, apabila perjanjian jual beli aset bersyarat ini ditutup, maka akuisisi 3.000 menara akan menambah menara TBIG menjadi lebih dari 19.000 sites yang segera akan menghasilkan pendapatan dan EBITDA yang lebih tinggi.

Berdasarkan keterbukaan informasi di BEI, Selasa (22/12), transaksi pembelian ini perlu memperoleh persetujuan rapat umum pemegang saham tahunan karena merupakan transaksi material berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 17/POJK.04/2020 tentang Transaksi Material dan Perubahan Kegiatan Usaha.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year