telkomsel halo

Indosat raih pendapatan Rp20,6 triliun hingga kuartal tiga 2020

12:32:02 | 04 Nov 2020
Indosat raih pendapatan Rp20,6 triliun hingga kuartal tiga 2020
President Director & CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Abdulaziz A. A. Al-Neama.
JAKARTA (IndoTelko) – Indosat Ooredoo mencatatkan pendapatan sebesar Rp20,6 triliun hingga kuartal ketiga 2020 atau naik 9,2% dibanding tahun sebelumnya sebesar Rp 18,85 triliun.  

Pendapatan ini dikontribusi dari pendapatan selular sebesar Rp 17,03 triliun, meningkat 12,9% dari sebelumnya Rp 15,08 triliun.

Sementara pendapatan dari segmen bisnis lain mengalami penurunan. Pendapatan dari bisnis multimedia, data communication, dan internet (MIDI) turun 2,52% menjadi Rp 3,16 triliun. Bisnis telekomunikasi tetap Indosat pada triwulan III 2020 yang terdiri dari telepon internasional dan jaringan tetap tercatat senilai Rp 395,5 miliar alias turun hingga 23,99% secara tahunan.

Sementara Earning Before Interest Tax Depreciation Amortization (EBITDA) mencapai Rp8,5 triliun atau meningkat 17% dibanding tahun sebelumnya,  dan EBITDA margin tercatat sebesar 41,1% meningkat 2,7 bps dibanding tahun sebelumnya.

Dalam sembilan bulan tahun ini, rugi bersih Indosat tercatat Rp 457,5 miliar, dibandingkan kuartal III tahun lalu yang hanya Rp 284,59 miliar.

Pelanggan seluler mencapai 60,4 juta pada akhir September 2020, meningkat 2,8% dibanding tahun sebelumnya, dengan rata-rata pendapatan bulanan per pelanggan (ARPU) sebesar Rp31,7 ribu dari sebelumnya Rp27,8 ribu, serta trafik data yang tumbuh sebesar 54,7% disbanding tahun sebelumnya.

Pertumbuhan jumlah pelanggan serta ARPU menunjukkan bahwa investasi jaringan, inisiatif digital, dan penawaran ke pelanggan telah memberikan hasil yang menguntungkan. Di pasar di mana sebagian besar operator menawarkan proposisi unlimited, Indosat Ooredoo telah berhasil mempertahankan momentum pertumbuhan dengan pengalaman jaringan yang lebih baik dan harga yang terjangkau.

“Saya sangat gembira untuk mengumumkan bahwa Indosat Ooredoo mencatatkan triwulan III tahun 2020 dengan kinerja keuangan dan operasional yang kuat. Meskipun di tengah persaingan ketat dan tantangan pandemi COVID19, kami terus menjaga momentum pertumbuhan dan terus berada pada jalur yang tepat mewujudkan strategi turnaround. Kami terus berkomitmen untuk menghadirkan layanan telekomunikasi terbaik bagi masyarakat Indonesia. Di masa ini, kami tetap menempatkan kesehatan dan keselamatan karyawan sebagai prioritas utama dan melakukan kebijakan yang diperlukan untuk mendukung mereka,” kata President Director & CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Abdulaziz A. A. Al-Neama.

Indosat Ooredoo terus mendukung program pemerintah untuk membantu masyarakat melewati pandemi COVID-19, salah satunya untuk progam Pembelajaran Jarak Jauh. Indosat Ooredoo bersama Pemerintah telah membantu jutaan guru dan siswa di seluruh Indonesia dengan menyediakan akses internet yang mudah dijangkau dan berkecepatan tinggi. Indosat Ooredoo juga melakukan beberapa kerja sama strategis dengan mitra global untuk meningkatkan layanan digital bagi pelanggan, retail maupun korporasi.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year