telkomsel halo

Jurus Facebook bangkitkan UKM di era new normal

07:12:16 | 24 Jul 2020
Jurus Facebook bangkitkan UKM di era new normal
JAKARTA (IndoTelko) - Survei terbaru dari Facebook menunjukkan 56% bisnis kecil dan menengah di Indonesia yang hadir di Facebook melaporkan lebih dari 25% penjualan mereka terjadi di platform digital.

Usaha Kecil dan Menengah atau UKM merupakan inti dari komunitas di Facebook, dan mereka berperan sebagai penggerak roda perekonomian global. Mulai dari kedai kopi, restoran hingga desainer grafis, UKM telah menciptakan lapangan kerja dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di setiap negara, berperan mengurangi kemiskinan dan ketimpangan pendapatan.

Namun, saat ini mereka tengah menghadapi tantangan luar biasa. Pandemi COVID-19 tidak hanya menjadi persoalan di ranah kesehatan, namun juga menyebabkan krisis ekonomi yang menghantam para pelaku UKM.

Untuk melihat bagaimana para pelaku UKM yang ada di atas platform Facebook beroperasi selama masa pandemi COVID-19, Facebook bekerjasama dengan Bank Dunia dan Organisasi Kerjasama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) melakukan survei selama enam bulan ke depan. Survei ini juga akan melihat bagaimana pelaku UKM melakukan penyesuaian dalam menghadapi krisis.

“Skala tantangan yang dihadapi oleh para pelaku UKM saat ini begitu besar. Awalnya, kami melihat adanya gambaran yang lebih cerah dari laporan ini, yang merupakan laporan pertama dari rangkaian survei yang telah kami rencanakan sebelum terjadinya pandemi. Ternyata, setelah melakukan survei kepada lebih dari 30.000 pemilik bisnis UKM di lebih dari 50 negara, kami menemukan bahwa mereka begitu terpukul dan sangat membutuhkan bantuan,”  ujar Kepala Kebijakan Publik untuk Facebook di Indonesia Ruben Hattari.

Survei dari Facebook menunjukkan, 50% pelaku UKM di Indonesia yang berada di platform Facebook telah mengurangi jumlah karyawan sebagai dampak dari pandemi COVID-19. Dari sisi pendapatan, para pelaku UKM ini juga terkena dampaknya. Survei mengungkapkan, 53% bisnis UKM di Indonesia yang berada di platform Facebook melaporkan penjualan mereka dalam 30 hari terakhir lebih rendah dari tahun sebelumnya pada periode yang sama.

Facebook akan terus berkomitmen untuk terus memperkuat aktivitas jual-beli yang digerakkan oleh komunitas, dan membangun solusi untuk membantu pelaku usaha sukses di ranah digital. Apapun jenis usaha yang muncul di atas platform Facebook, kegiatan jual-beli yang digerakkan oleh komunitas ini  akan menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebih baik dan dapat memberdayakan orang-orang untuk saling terhubung dimanapun mereka berada.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year