Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
HUT RI ke 75
telkomsel halo

Kisah Indra Aziz sebarkan virus bernyanyi via Youtube

04:14:57 | 16 Jul 2020
Kisah Indra Aziz sebarkan virus bernyanyi via Youtube
Indra Aziz bersama artis yang dilatihnya
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Bagi yang ingin memahami teknik menyanyi yang baik, atau bahkan memiliki aspirasi untuk menjadi penyanyi profesional, pasti sudah tidak asing dengan Indra Aziz, pelatih vokal untuk sederet penyanyi papan atas tanah air seperti Agnes Monica, Afgan, Ari Lasso, dan sederet nama besar lainnya.

Seorang musisi, aktor, dan guru musik yang tak hanya dikenal sebagai “The coach for superstars”, Indra Aziz juga memberikan tutorial nyanyi gratis bagi siapa saja yang ingin meningkatkan kemampuannya di bidang nyanyi dan musik lewat kanal ”VokalPlus” di YouTube.

“Melalui VokalPlus, saya bukan ingin mengajar nyanyi, tapi ingin mengajak untuk bernyanyi. Dimulai dari memahami cara untuk melatih pita suara dengan teknik baik yang juga melindungi kesehatan pita suara. Dengan memahami bahwa suara itu bisa dilatih, semoga semakin banyak yang semangat latihan, belajar teknik yang baik, dan memahami musik secara keseluruhan juga. Terutama untuk membangun minat, membakar semangat untuk terus mengulik, sehingga penonton bisa sampai pada pemahaman mereka sendiri. Dimulai dari musik, semoga ‘mengulik’ bisa jadi kebiasaan untuk banyak orang menjelajahi dunia,” ujar Indra.

Tumbuh di lingkungan keluarga yang tidak pernah lepas dari musik, Indra memulai karir sebagai guru musik mandiri pada tahun 2004, dilanjutkan dengan menjadi guru di sebuah institusi akademis pada tahun 2006.

Memiliki minat besar dan ilmu tentang musik, mendorong Indra aktif berbagi pengalaman dan pengetahuan seputar dunia musik di YouTube. Bermula dari kanal tutorial beatbox di tahun 2008, kanal seputar kesehariannya di The Indra Aziz Show, hingga akhirnya di tahun 2013 memutuskan untuk membuat kanal  VokalPlus untuk membantu orang-orang yang ingin menggeluti dunia musik dengan materi yang mudah dipahami.

“Saya merasa, musik adalah sebuah bahasa universal yang bisa menghibur dan menghubungkan satu sama lain. Semakin saya pahami sejarah dan teori dari musik sendiri, saya semakin paham bahwa musik adalah cara untuk mengkomunikasikan pikiran dan mengekspresikan perasaan. Apalagi musik atau ‘suara’ Indonesia yang begitu beragam begitu disatukan sangatlah indah. Dari Sabang sampai Merauke, ‘suara’ Indonesia itu sangatlah ‘magical’. Alangkah baiknya jika kita bisa terus melestarikan ini,” lanjut Indra.  

Setelah lebih dari 16 tahun berkiprah sebagai seorang guru dan akademisi di dunia pendidikan musik, Indra melihat audio visual salah satu medium yang sangat efektif untuk menyampaikan pesan dan pembelajaran, khususnya seputar teknik musik, karena orang bisa mencontoh dan mengikuti secara langsung. Ia juga berbagi cerita - cerita ketika ia disapa oleh ‘murid- murid’ atau penonton video tutorial dari kalangan dan profesi yang begitu beragam dan tidak pernah ia bayangkan sebelumnya.

Paket Semangat Kemerdekaan
“Saya sendiri sangat terbantu oleh video tutorial di YouTube. Saya bisa jadi kreator seperti saat ini, memiliki website, poster, thumbnail yang saya desain sendiri, semuanya saya pelajari di YouTube. Saya bikin konten tutorial, dengan harapan untuk membantu para ‘murid’ tapi juga sesama pegiat dunia pendidikan untuk terus berbagi ilmu pengetahuan dengan cara yang yang mudah dimengerti, praktis dan relevan dengan dunia musik saat ini. Ingin menyemangati sesama guru dan praktisi untuk jangan pernah merasa ‘ketinggalan kereta’, terus mencoba, karena saya yakin, semua kreator atau edukreator seperti saya, pasti akan menemukan ‘formula’ yang sesuai dengan karakter diri dan peminat konten mereka,” jelas Indra.

Dia menilai dengan kemajuan teknologi dan keterbukaan informasi seperti saat ini, semua orang dapat berkarya kapanpun, dimanapun; khususnya sebagai musisi di era saat ini, ia nilai memiliki banyak platform untuk menunjukkan karya mereka.

HUT RI ke 75
“Musisi hari ini harus bisa menjadi musisi yang ‘360’ atau serba bisa dan lebih mandiri. Tidak hanya membawakan lagu, tapi juga bisa menciptakan lagu dan menjadi sebagai produser untuk karya mereka sendiri. Karena semua itu bisa dipelajari; terserah pada musisinya sendiri kemana arah mereka dan seberapa dalam mereka ingin belajar.  Ada begitu banyak hal menarik yang dapat kita temukan dan pelajari di dunia ini dan sayang untuk dilewatkan,” tutup Indra.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
Kuota Ketengan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Kuota Ketengan