Paket Semangat Kemerdekaan
Paket Semangat Kemerdekaan
telkomsel halo

Begini cara berbagi gambar secara aman

11:09:49 | 03 Jul 2020
Begini cara berbagi gambar secara aman
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Anda mungkin pernah menyembunyikan informasi dalam gambar setidaknya pada satu kali kesempatan.

Misalnya, saat Anda mengirimkan tangkapan layar untuk melaporkan sebuah isu kepada tim teknis dan tidak ingin mereka melihat data pribadi. Atau Anda hendak membagikan tiket sebuah acara yang sudah lama ditunggu-tunggu di media sosial Instagram, dengan cara menyamarkan barcode agar menghindari orang lain mendapati informasi melalui tiket tersebut.

Namun selalu ingat! gambar yang dikaburkan atau bahkan telah dipotong masih berpotensi untuk mengungkapkan data yang awalnya hendak Anda sembunyikan.

Simak paparan Kaspersky mengenai bebearapa kesalahan yang menyebabkan hal itu dapat terjadi dan rekomendasi untuk Anda agar lebih berhati hati dalam membagikan gambar.

Kesalahan pertama: Melakukan edit gambar di aplikasi office

Ini adalah cara klasik seseorang dengan secara tidak sengaja membagikan rahasia pribadi atau perusahaan. Jika gambar tersebut ditujukan untuk dokumen teks atau slide presentasi, cara paling mudah untuk mengeditnya adalah langsung di aplikasi Office. Cukup masukkan gambar, potong bagian yang tidak ingin ditampilkan, simpan dokumen, dan Anda dapat memberikannya kepada atasan atau klien dengan perasaan nyaman.

Permasalahannya adalah ini hanya mengubah bagaimana gambar muncul di badan dokumen. Namun, gambar asli tetap utuh. Untuk melihat bagian yang tersembunyi, yang harus dilakukan seseorang adalah memilih gambar dan kemudian Crop tool pada tab Format.

Berita baiknya adalah: Anda dapat menghapus secara permanen bagian-bagian dari suatu gambar dalam dokumen menggunakan tombol Compress Pictures pada tab Format yang sama. Klik dan pastikan bahwa kotak Delete cropped areas of pictures telah dipilih.

Gunakan alat Compress Pictures untuk menghapus informasi sensitif

Kesalahan ke-2: Semi Transparan

Alat praktis lainnya, kali ini untuk para pengguna iPhone, yaitu fitur Markup di iOS. Ingin mengirim foto dari ponsel? Anda dapat mengeditnya langsung dalam surel atau pesan! Dan penerima tidak akan dapat membatalkan suntingan Anda. Sepertinya, ini merupakan cara mudah dan ideal untuk menyembunyikan informasi pada gambar bukan?

Sayangnya tidak. Alasannya adalah bahwa pena dan alat penyorot menggambar garis secara semitransparan. Tentu, jika Anda melakukan coretan di atas teks beberapa kali, itu mungkin terlihat sangat tersembunyi. Namun, jika kita mencoba mengulik kecerahan, kontras dan pengaturan gambar lainnya, siapa pun dapat dengan cepat menemukan rahasia yang disamarkan.

Apakah teks yang disamarkan tidak terlihat?
Ini merupakan cerita yang sama dengan kuas semitransparan di editor gambar. Kesimpulannya adalah, lebih baik memastikan Anda menggunakan alat buram 100% untuk menyembunyikan data pada gambar.

Kesalahan ke-3: Lapisan rahasia yang tak terlihat
Untuk menghindari kehilangan informasi rahasia dalam suatu gambar sepenuhnya, editor grafis dapat menyimpannya dalam lapisan tersembunyi yang terpisah. Ini adalah solusi yang nyaman untuk beberapa gambar. Namun, memposting gambar dengan lapisan tersembunyi secara online bukanlah ide bagus, terutama jika itu dalam format PNG.

Inilah sebabnya. Saat menyimpan gambar sebagai file PNG, editor foto menggabungkan lapisan-lapisan sehingga mereka tidak dapat di-unglued; Namun, informasi di lapisan tersembunyi tidak pergi ke mana pun - itu tetap berada di dalam file. Dan sementara sebagian besar program tidak menampilkannya, dalam aplikasi tertentu, misalnya, aplikasi darktable, hanya dengan membuka gambar, ia dapat mengungkapkan seluruh lapisan tersembunyi tanpa overlay.

Gambar yang sama dibuka pada platform yang berbeda. Bagian bawah gambar yang disembunyikan terlihat jelas di aplikasi darktable

Kesalahan ke-4: Reversible filtering

Filter grafik yang mendistorsi gambar juga dapat mengungkapkan hal yang disembunyikan. Beberapa memindahkan piksel tanpa menghapusnya, dan memungkinkan untuk menaruhnya kembali di tempat asal dan memperlihatkan gambar aslinya.
Fitur filter ini berhasil membantu polisi menahan seorang tersangka pedofil dari Kanada. Pelaku memposting foto-foto korban secara online di mana wajahnya sendiri terdistorsi menggunakan efek swirling. Ilmuwan komputer dapat melepaskan gambar untuk mencari tahu seperti apa wajahnya. Sayangnya, pelaku kejahatan siber juga dapat menggunakan teknik yang sama untuk mengungkap rahasia Anda, sebanyak apapun distorsi yang diterapkan pada gambar.

Dari berbagai metode distorsi gambar, blur dan pixelisasi, dianggap yang paling dapat diandalkan. Namun satu hal yang juga diingat bahwa teknologi pembelajaran mesin berkembang lebih baik dalam mengenali gambar bahkan jika telah dikaburkan dan pikselisasi

Dan jika Anda memecah gambar menjadi piksel yang sangat kecil, dan menganggap rahasia Anda aman, mungkin belum sepenuhnya benar. Cara termudah untuk mengungkapkannya adalah dengan memperkecil tampilan sehingga piksel mulai bergabung kembali. Coba mainkan dengan gambar di bawah ini untuk mendapatkan ide.

Ketika menggunakan pikselisasi untuk menyembunyikan info pada gambar, pastikan untuk bermain dengan skala demi memastikan bahwa itu tidak muncul bahkan saat diperbesar

Kesalahan ke-5 : Tidak tersembunyi sama sekali

Terakhir, data rahasia dapat diketahui secara umum jika Anda meninggalkan informasi yang memaparkannya. Dengan hati-hati mencoret nama dan gambar profil pada tangkapan layar halaman jejaring sosial, tetapi lupa menyembunyikan bilah alamat? Siapa pun dapat memasukkan alamat dan melihat profil Anda. Menutupi wajah seseorang dengan persegi panjang hitam, tetapi menunjukkan lencana dengan nama lengkap mereka? Subjek foto tidak akan sulit untuk dilacak.

Paket Semangat Kemerdekaan
Pada dasarnya, gambar bukan satu-satunya hal yang dapat mengungkapkan rahasia; metadata file juga demikian. Untuk gambar, biasanya dapat menyebarkan informasi tentang waktu dan tempat mereka dibuat, tetapi dalam beberapa kasus, metadata menyertakan thumbnail dari gambar asli, yang menunjukkan tampilannya sebelum diperbaiki.

Jadi, sebelum membagikan gambar/foto di mana pun, hapus metadata terlebih dahulu. Terdapat banyak aplikasi dan program seluler untuk komputer desktop yang akan membersihkan foto Anda dari informasi yang tidak diinginkan dalam waktu singkat.
Perlu diketahui bahwa malware dapat menyamar sebagai utilitas ini, jadi unduhlah hanya dari sumber resmi dan jangan terlalu banyak memberikan izin pada sistem. Dan, tentu saja, gunakan solusi keamanan yang andal yang mengenali dan memblokir program berbahaya.

Berita baik untuk pengguna Windows: Anda dapat menghapus metadata dari gambar tanpa perangkat lunak tambahan. Begini caranya:
•    Klik kanan pada file.
•    Pilih Properti.
•    Di jendela yang muncul, klik tab Details.
•    Klik Remove Properties and Personal Information.
•    Pilih apakah Anda ingin menghapus metadata secara permanen atau membuat salinan file
Cara menyembunyikan informasi pada gambar dengan tepat:
Untuk mencegah informasi sensitif pada gambar diketahui publik:
•    Edit gambar dalam editor foto dan hanya menggunakan gambar yang untuk dihapus dalam dokumen Office.
•    Pastikan alat yang Anda gunakan untuk menyamarkan informasi rahasia memberikan 100% keburaman.
•    Jika Anda lebih suka mengaburkan atau pikselisasi, periksa dengan seksama bahwa hasilnya tidak mengungkapkan rahasia secara gamblang, seperti mengikuti bentuk huruf.
•    Sebelum memposting atau membagikan dengan orang lain, pastikan tidak ada informasi lain dalam gambar yang dapat mengungkapkan informasi yang Anda samarkan, dan sembunyikan alamat email, URL halaman jejaring sosial, tato yang tidak biasa, tag nama, dan pengidentifikasi potensial lainnya.
•    Hapus metadata. Jika karena alasan tertentu Anda ingin menyimpannya, buat salinan file “bersih” terpisah untuk yang dibagikan.
•    Selalu berpikir dengan hati-hati sebelum mengunggah gambar dengan informasi sensitif. Dengan tidak menampilkan tiket penerbangan di instagram, akan membuat Anda menjadi lebih aman.(pg)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
Kuota Ketengan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Kuota Ketengan