telkomsel halo

Facebook manfaatkan kabel optik milik Alita

08:42:10 | 14 Mar 2020
Facebook manfaatkan kabel optik milik Alita
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate (tengah) bersama Direktur Utama PT Alita Praya Mitra Teguh Prasetya (kiri) kala pengumuman kerjasama Facebook Connectivity
JAKARTA (IndoTelko) - Facebook memanfaatkan infrastruktur kabel optik milik PT Alita Praya Mitra (Alita) untuk layanan Facebook Connectivity di Indonesia.

Kemitraan ini disebut sejalan dengan komitmen Facebook untuk menghadirkan layanan internet yang lebih baik dengan meningkatkan konektivitas bagi lebih dari 10 juta masyarakat Indonesia.

Manajer Kebijakan Publik, Konektivitas dan Akses di Facebook untuk Asia Pasifik Tom Varghese menjelaskan Facebook Connectivity selalu mencari peluang untuk bekerjasama dengan mitra lokal di seluruh dunia, termasuk di antaranya Alita untuk di Indonesia.

“Kami percaya bahwa pembangunan jaringan fiber optik merupakan bagian penting dari upaya penyediaan koneksi internet yang lebih cepat untuk lebih banyak orang,” ujar Tom belum lama ini.

Direktur Utama PT Alita Praya Mitra Teguh Prasetya, mengatakan bahwa dukungan dari Facebook Connectivity memungkinkan pihaknya untuk membangun jaringan fiber optik sepanjang 3.000 km. Hal ini guna memperluas akses internet dengan kecepatan tinggi dalam skala nasional, termasuk di Bali, Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.

“Kami fokus membangun akses fiber optik di seluruh provinsi tersebut untuk membantu operator, penyedia jasa internet, dan penyedia jasa lainnya dalam memberikan layanan konektivitas kelas dunia kepada masyarakat,” ujar Teguh.

Saat ini, Alita memiliki akses fiber optik sepanjang lebih dari 3.000 km di 40 kota dari 6 provinsi, antara lain: Denpasar, Bandung, Cilegon, Cirebon, Malang, Manado, Semarang, Serang, Solo, Surabaya, dan Tegal.

Alita dan Facebook akan menanamkan investasi untuk ketersediaan dan efisiensi distribusi serat backhaul yang lebih baik di Indonesia. Alita akan sepenuhnya memiliki, membangun, memelihara, dan mengoperasikan jaringan fiber green field dan menyediakan kapasitas besar untuk operator jaringan seluler dan penyedia jasa internet. Facebook akan memberikan dukungan untuk proses perencanaan jaringan fiber tersebut.

“Melalui kemitraan ini, kami dapat mendukung 56 kota di 8 provinsi pada akhir tahun 2021. Alita akan terus mengembangkan infrastruktur jaringan akses telekomunikasi untuk memenuhi kebutuhan para penyedia layanan telekomunikasi dan ICT di seluruh Indonesia,” ungkap Teguh.

Dukungan Kominfo
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mendukung upaya industri untuk mengembangkan sinergitas ekosistem dalam membangun infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

“Saya meyakini ruang digital kita besar, maka tentu menghubungkan sampai ke titik-titik last mile yang masih dibutuhkan ribuan kilometer fiber optik, itu juga menjadi pasar yang besar. Apalagi dengan didukungnya infrastruktur ICT the last mile ini juga akan membantu operator seluler, atau pengguna lainnya yang bisa men-sharing infrastruktur,” tutur Menteri Johnny.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year