telkomsel halo

Operator dan bank harus lebih peduli dengan perlindungan data pribadi

11:29:00 | 27 Jan 2020
Operator dan bank harus lebih peduli dengan perlindungan data pribadi
JAKARTA (IndoTelko) – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meminta operator telekomunikasi dan bank untuk lebih peduli terhadap pelindungan data pribadi guna menjaga kenyamanan pelanggannya.

"Masyarakat diharapkan senantiasa selalu berhati-hati dalam mengelola data pribadi masing-masing terutama untuk data-data sensitif yang tersimpan dalam smartphonenya yang bisa kapan saja dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab," ujar Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Semuel A. Pangerapan, pekan lalu.

Menurutnya, kewaspadaan menjadi penting dalam mengantisipasi berbagai macam bentuk penipuan yang kerap terjadi di era digital. "Bagi operator dan bank terkait juga masyarakat bahwa di era digital ini makin banyak kejahatan-kejahatan yang bisa mencari kelemahan-kelemahan dari sistem yang ada. Ini suatu pembelajaran buat kita dan perlu perbaikan bagi semuanya,” katanya.

Diharapkannya, masyarakat tidak terlena dengan kenyamanan yang diberikan dalam digitalisasi ini namun tetap sadar untuk menjaga kerahasiaan data-data pribadi karena bisa menyebabkan kerugian.

“Dalam era digital ini, data-data yang sensitif khususnya terkait data finansial harus hati-hati karena kalau tidak, apabila data-data ini dikumpulkan dengan data yang lain itu bisa sangat merugikan kita. Kami akan lakukan evaluasi apakah benar sudah ada mekanisme yang aman,” tutur Semuel yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua BRTI.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year