telkomsel halo

Alibaba Cloud raih sertifikasi Trusted Partner Network

03:05:31 | 22 Jan 2020
Alibaba Cloud raih sertifikasi Trusted Partner Network
HANGZHOU (IndoTelko) - Alibaba Cloud mengumumkan pencapaiannya sebagai penyedia cloud publik pertama di dunia yang memperoleh sertifikasi bergengsi Trusted Partner Network (TPN), yang memvalidasi kepercayaan industri hiburan terhadap keamanan dan keandalan Alibaba Cloud sebagai penyedia layanan cloud. 

Dengan pesatnya perubahan kebiasaan konsumsi dalam menonton, platform penyiaran senantiasa berubah untuk menyesuaikan diri, dan teknik-teknik produksi baru bermunculan secara global, Alibaba Cloud telah berhasil mendukung industri hiburan merevolusi cara kerjanya guna merespons dan merayakan dinamisme ini dengan menawarkan platform berbasis cloud dengan tingkat keamanan. keandalan dan skalabilitas yang tinggi.

TPN merupakan joint venture antara dua asosiasi industri hiburan terbesar; Motion Picture Association of America (MPAA) dan Content Delivery & Security Association (CDSA). 

Tujuan TPN adalah untuk membantu pelaku usaha dalam memastikan keamanan konten, mencegah kebocoran informasi, pelanggaran, dan peretasan film maupun acara TV sebelum dirilis. 

Hal ini dilakukan dengan membuat direktori tunggal, terpusat, dan global, berisi daftar mitra-mitra yang terpercaya. Sertifikasi ini sangat penting, karena para produser konten dapat memastikan bahwa Alibaba Cloud telah melaksanakan praktik industri yang terbaik, dimana solusi, fasilitas, sumber daya manusia, dan cara kerjanya telah disertifikasi oleh para evaluator industri yang berpengalaman.

Untuk mendapatkan penghargaan bergengsi ini – yang memberikan nilai tambah pada solusi-solusi Alibaba Cloud – perusahaan harus menjalani proses audit dan evaluasi yang sangat ketat. Sejumlah solusi Alibaba yang sesuai dengan industri hiburan telah diujikan, termasuk: Object Storage Service (OSS) - layanan penyimpanan cloud terenkripsi dan aman yang dapat menyimpan, memproses, dan mengakses sejumlah besar data dari belahan dunia manapun; Express Connect - layanan jaringan yang mudah digunakan dan memungkinkan bandwith tinggi, keandalan, keamanan, dan koneksi tertutup antara lingkungan yang berbeda-beda; Cloud Storage Gateway - yang menggunakan OSS sebagai tempat penyimpanan berbasis cloud pada back-end, dan dapat digunakan untuk file standar dan memblokir protokol penyimpanan di industri; Key Management Service - memfasilitasi pembuatan, penghapusan, dan pengelolaan kunci enkripsi pada Key Management Service dari Alibaba Cloud. Masing-masing solusi Alibaba Cloud yang telah diaudit ini, dinyatakan lulus uji TPN.

“Dengan keberhasilan menyelesaikan proses audit langsung dari Trusted Partner Network, Alibaba Cloud menunjukan kemampuannya yang matang dalam mengamankan konten media melalui kapabilitas fasilitas dan infrastrukturnya. Sebagaimana tren produksi media telah kian bergeser pada penggunaan platform cloud publik, penting bagi vendor-vendor seperti Alibaba Cloud untuk memprakarsai inovasi yang akan mendorong kemajuan industri hiburan di era digital,” kata Senior Security Consultant di Independent Security Evaluators Drew Branch.

Head of Security Compliance and Privacy di Alibaba Cloud Intelligence Yuanbin Zheng mengatakan dengan keberadaan aset-aset bernilai tinggi dan sensitif yang perlu dilindungi, rumah-rumah produksi dengan sendirinya akan tertarik pada solusi-solusi yang menawarkan tingkat keamanan tertinggi. 

"Sertifikasi Trusted Partner Network tidak hanya merupakan pengakuan atas berbagai upaya Alibaba Cloud dalam menghadirkan tingkat keamanan yang berstandar tinggi, sertifikasi ini juga mengakui keandalan, fleksibilitas dan skalabilitas platform berbasis cloud kami. Selain itu, sebagai vendor cloud publik pertama yang diakreditasikan oleh sertifikasi Trusted Partner Network, penghargaan ini semakin memperkuat posisi terdepan Alibaba Cloud, serta solusinya yang terbukti dapat memenuhi kebutuhan industri hiburan,” katanya.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year