Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
telkomsel halo

Kominfo pastikan jaringan operator siap layani Nataru 2020

08:16:03 | 23 Dec 2019
Kominfo pastikan jaringan operator siap layani Nataru 2020
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan jaringan operator siap melayani peningkatan dan pergerakan trafik saat Hari Raya Natal Tahun 2019 dan Perayaan Tahun Baru 2020 (Nataru 2020).

"Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan koordinasi dengan operator seluler untuk meningkatkan kapasitas jaringan di lokasi yang menjadi titik keramaian saat perayaan Nataru 2020," kata PLT Kepala Humas Kominfo Ferdinandus Setu dalam keterangan kemarin.

Diungkapkannya, Telkomsel telah melakukan optimalisasi seluruh jaringan di 533 titik dengan menyediakan 82 Mobile BTS di titik-titik dengan trafik komunikasi terpadat.

Secara keseluruhan, Telkomsel telah menggelar lebih dari 209.000 unit BTS di seluruh Indonesia, di mana 77.000 di antaranya merupakan BTS 4G untuk memaksimalkan kenyamanan pelanggan dalam layanan data.

Selain itu, Telkomsel juga menyiagakan 324 Mobile GRAPARI (MoGI) dan 3.716 outletsisaga yang menyediakan kartu perdana, layanan isi ulang pulsa serta aktivasi layanan digital lainnya. Pelanggan pun dapat memperoleh layanan di sekitar 422 GraPARI Siaga di seluruh Indonesia.

Berikutnya, XL Axiata mengerahkan 30 Mobile BTS dan melakukan pengecekan jaringan/pengukuran Quality of Service (QoS) di 300 titik pusat keramaian/POI (airport, tempat wisata, bis, stasiun, pelabuhan, mall tempat-tempat ibadah, pusat perayaan tahun baru). Tiga jalur kereta (Jakarta-Surabaya jalur utara, Sby-Jakarta jalur selatan, Medan Kualanamu Airport-Medan). Tujuh jalur tol (jak-Bogor, Jak-Sby, Sby-Malang, Jak-Merak, Bakauheni-Palembang, Medan-KNIA dan Medan-Tebing).

Sementara Indosat melakukan penambahan 4 mobile BTS di beberapa lokasi tempat wisata. Penambahan lebih dari 12 ribu BTS 4G secara masif di seluruh Indonesia sepanjang tahun 2019. Peningkatan kapasitas untuk layanan data, voice, dan SMS. Melakukan Pengukuran QoS dan memastikan QoS dalam kondisi baik terutama di titik keramaian seperti bandara, terminal, stasiun, dan tempat wisata.

Operator PT Hutchison 3 Indonesia (Tri) menambah kapasitas di 3490 BTS yang terdiri dari: 3410 unit BTS 4G LTE dan 80 unit BTS 3G. Ekspansi kapasitas di 3660 BTS 4G di kanal baru spektrum 2100 MHz. 160 titik penting dan pusat keramaian terlayani dan dioptimalkan. 15 mobile BTS ditambahkan untuk mendukung di jalan utama dan beberapa pusat keramaian di Jawa seperti di bandara, stasiun kereta dan bus, pelabuhan laut dan kunjungan wisata.

PT. Smartfren Telecom mengalokasikan 29 Mobile BTS: 22 terpasang, 7 standby di lokasi/area regional. PT. Sampoerna Telekomunikasi Indonesia mempersiapkan cadangan bbm untuk genset backupdi site.  

Terakhir, Telkom Indonesia menyediakan layanan terbaik di Area PREMIUM (Public, Religious, Malls, Indoor, Uniqueness and Massive crowds).

Telkom Marketing 2
Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo juga melakukan pengukuran kualitas layanan telekomunikasi di beberapa lokasi, di antaranya di Kawasan Monas yang berdekatan dengan Gereja Katedral, Bandara Soekarno Hatta, Bandara Halim Perdana Kusuma, Taman Mini Indonesia Indah, dan kota-kota lainnya.

Hasil pengukuran kualitas layanan ini kemudian disampaikan kepada operator untuk dilakukan optimasi jaringan sehingga masyarakat dapat menikmati layanan telekomunikasi yang berkualitas. 

"Kominfo akan terus melakukan pemantauan terhadap performansi jaringan operator seluler dalam menghadapi Hari Raya Natal Tahun 2019 dan Tahun Baru 2020, termasuk PT Telkom dalam penyediaan akses internet di titik-titik yang menjadi pusat konsentrasi massa," pungkasnya.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
More Stories
telkom sigma
Editorial
Tersandera OTT