Paket Phoenix
Paket Phoenix
telkomsel halo

Ini prediksi Dell tentang teknologi penting di 2030

04:53:40 | 19 Dec 2019
Ini prediksi Dell tentang teknologi penting di 2030
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - Dell Technologies merilis Future of Connected Living, sebuah riset yang membahas tentang bagaimana teknologi-teknologi baru akan mengubah cara hidup manusia menjelang tahun 2030.

Riset ini, dilaksanakan bersama dengan Institute for the Future (IFTF) dan Vanson Bourne, mewawancarai 1.100 pemimpin bisnis di 10 negara Asia Pasifik & Jepang (APJ), termasuk Indonesia. Hasil riset ini memaparkan masa depan yang penuh dengan peluang karena kemajuan teknologi berpotensi untuk mengubah kehidupan manusia di seluruh dunia.

IFTF dan sebuah forum yang beranggotakan para ahli dari seluruh dunia memprediiksi bahwa teknologi-teknologi seperti edge computing, 5G, Kecerdasan Buatan (AI), Extended Reality (XR), dan IoT akan bersama-sama menciptakan lima “perubahan” besar dalam satu dekade ke depan. Perubahan-perubahan tersebut akan mengubah kehidupan manusia di seluruh dunia.

FTF memprediksi perubahan-perubahan di bawah ini akan terjadi di kurun waktu sekarang dan tahun 2030:

1. Networked Reality: 10 tahun kedepan,cyberspace akan menjadi lapis berikutnya dari realita yang ada sekarang, seiring dengan perkembangan lingkungan digital kita yang tidak lagi hanya menggunakan televisi, ponsel pintar, dan perangkat layar lainnya.

2. Connected Mobility dan Networked Matter: Kendaraan masa depan pada dasarnya adalah komputer bergerak. Manusia akan memberikan kepercayaan kepada kendaraan ini untuk membawa kita ke tujuan yang kita inginkan secara fisik, sementara kita berinteraksi di ruang virtual yang tersedia dimana pun kita berada.

3. Dari Kota Digital menjadi Sentient Cities: Kota-kota di masa depan akan berjalan melalui jaringan infrastruktur yang saling terhubung di kota tersebut, seperti perangkat-perangkat cerdas, sistem laporan mandiri dan analisa-analisa berbasis AI.

4. Agen dan Algoritma: Setiap orang akan didukung oleh “sistem operasi untuk kehidupan” yang sangat personal yang bisa mengantisipasi kebutuhan kita dan secara proaktif membantu aktivitas sehari-hari sehingga kita bisa memiliki lebih banyak waktu luang.

5. Robot dengan Kehidupan Sosial: Robot akan menjadi mitra dalam kehidupan kita – mengasah keterampilan dan memperluas kemampuan kita. Robot-robot tersebut akan saling berbagi pengetahuan terbaru di jaringan sosial robot mereka untuk urun daya atau crowdsource inovasi dan mempercepat kemajuan, secara real time.

“Koneksi dan hubungan kita dengan teknologi akan sangat berbeda di tahun 2030 dan kami percaya bahwa keberhasilan hubungan antara manusia dan mesin adalah hubungan yang saling menguntungkan serta memanfaatkan keunggulan masing-masing untuk saling melengkapi,” kata President, Asia Pacific & Japan and Global Digital Cities, Dell Technologies Amit Midha dalam keterangan kemarin.

Diungkapkannya, 70% pemimpin bisnis di Asia Pasifik dan Jepang yang diwawancarai menyambut baik kemitraan manusia dengan mesin dan robot untuk membantu mengatasi keterbatasan manusia.

Paket Phoenix
"Kita bisa memanfaatkan teknologi untuk menciptakan cara hidup yang baru, mengoptimalkan produktivitas, dan menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan sehari-hari secara lebih efektif, sekaligus membuat kota-kota kita menjadi lebih berkelanjutan (sustainable), efisien dan layak ditinggali,” katanya.

General Manager, Indonesia, Dell Technologies Richard Jeremiah, mengatakan teknologi-teknologi baru akan mengubah hidup manusia dengan cara yang belum pernah dialami sebelumnya. Seiring visi pemerintah Indonesia, yaitu Making Indonesia 4.0, dibutuhkan investasi signifikan untuk mengatasi berbagai isu-isu yang muncul dan akan berdampak pada ekonomi digital, termasuk aturan tentang kecerdasan buatan, pembayaran mobile, dan membuat identitas digital.

"Kita harus terus berdiskusi dan mengeksplorasi cara merealisasikan masa depan tersebut dengan kemitraan yang imersif antara manusia dan mesin,” kataya.(wn)

telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
Kuota Ketengan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Kuota Ketengan