Semarak Kemerdekaan
Semarak Kemerdekaan
Batic 2020
telkomsel halo

Alibaba resmi menjadi mitra Asian Games 2022 Hangzhou

08:04:27 | 12 Dec 2019
Alibaba resmi menjadi mitra Asian Games 2022 Hangzhou
Executive Chairman dan CEO Alibaba Group Daniel Zhang
telkomtelstra januari - maret
HANGZHOU (IndoTelko) — Panitia Penyelenggara Asian Games Hangzhou (HAGOC) dan Alibaba Group (Alibaba) mengumumkan kemitraan untuk mengintegrasikan teknologi dan menyuguhkan gelaran Asian Games dengan dukungan penuh kecanggihan teknologi.

Asian Games Hangzhou 2022 akan menjadi Asian Games pertama yang berbasis komputasi awan. Teknologi data intelligent Alibaba Cloud akan diaplikasikan pada sistem-sistem utama Asian Games Hangzhou 2022, termasuk hasil kompetisi, pengelolaan acara serta semua elemen pendukung acara.

Hampir 10 ribu atlet, ratusan ribu staf, penonton dan pengunjung dari 45 negara dan wilayah akan berpartisipasi atau menikmati Asian Games, memanfaatkan teknologi Alibaba Cloud, termasuk komputasi awan, data intelligence, IoT (Internet of Things) serta penggunaan beragam aplikasi teknologi pintar.

“Hangzhou merupakan kota kelahiran Alibaba Group. Untuk itu, kami akan mengerahkan seluruh kemampuan digital dan teknologi yang telah kami bangun selama 20 tahun terakhiruntuk mendukung Asian Games Hangzhou di tahun 2022 mendatang. Sebagai mitra resmi, kami akan menghadirkan teknologi dan layanan-layanan yang menjadi bagian dari ekonomi digital Alibaba, termasuk komputasi awan, IT, fintech, e-commerce, dan layanan lokal, serta mengusung inisiatif ramah lingkungan, juga pengalaman gelaran olahraga yang komprehensif dan inovatif,” ujar Executive Chairman dan CEO Alibaba Group Daniel Zhang.

Kemitraan ini ditandatangani menggunakan Blockchain Trusted Depository Technology dari Alipay, platform pembayaran dan gaya hidup yang dioperasikan Ant Financial Services Group, perusahaan afiliasi Alibaba Group. Ini adalah pertama kalinya teknologi tersebut diaplikasikan pada penandatanganan untuk acara besar berskala internasional seperti Asian Games.

Berbagai teknologi blockchain Alipay akan digunakan di Asian Games Hangzhou 2022, termasuk untuk transportasi, penandatanganan perjanjian, perlindungan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual), dan pengelolaan tiket.

Semarak Kemerdekaan
Para pengunjung dari berbagai negara juga akan dapat menikmati pengalaman digital di Asian Games Hangzhou 2022 melalui mini program pada Alipay.

Fitur ini akan mengintegrasikan kapabilitias digital ekonomi Alibaba untuk mempermudah akes pada 18 jenis layanan seperti akomodasi, transportasi, pengelolaan tiket, dan katering. Sebagai contoh, mini program ini akan dapat memberikan solusi rute antara Shanghai, kota pusat penghubung di Tiongkok bagian timur, dan enam kota yang menjadi tuan rumah Asian Games yaitu Hangzhou, Ningbo, Wenzhou, Jinhua, Shaoxing, dan Deqing.

Batic 2020
Alipay juga akan menghadirkan layanan pembayaran mobile pada Asian Games Hangzhou 2022 yang meliputi 90 lokasi layanan Asian Games di enam kota tuan rumah, dan empat pelabuhan lintas batas, yaitu: Shanghai, Beijing, Guangzhou dan Urumqi. Pengguna juga bisa menggunakan layanan-layanan mobile payment terintegrasi dengan dompet digital mereka.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
More Stories
Data Center Service Provider of the year