telkomsel halo

Alibaba Cloud perkaya solusi machine learning

06:43:06 | 02 Dec 2019
Alibaba Cloud perkaya solusi machine learning
JAKARTA (IndoTelko) - Alibaba Cloud mengumumkan hadirnya core code Alink, platform algoritma yang dikembangkan sendiri oleh Alibaba Cloud, di open-source GitHub, komunitas developer terbesar di dunia.

Platform ini menawarkan ragam algoritma pendukung proses batch maupun stream, yang merupakan aspek penting dalam machine learning, khususnya dalam hal rekomendasi produk online dan layanan pelanggan yang cerdas.

“Sebagai platform yang terdiri dari berbagai algoritma yang memgkombinasikan ragam pola pemrosesan data, Alink merupakan alternatif yang sangat menarik bagi para developers dengan kebutuhan big data yang kuat serta alat pembelajaran yang canggih,” ujar President dan Senior Fellow of Data Platform at Alibaba Cloud Intelligence Yangqing Jia.  

Alink dikembangkan berdasarkan Flink, sebuah mesin komputasi distribusi terpadu. Melalui Flink, Alink mempelajari metode penyatuan proses batch dan stream yang lancar, sehingga mampu menghadirkan platform yang lebih efektif bagi para developers untuk menjalankan analisa data dan machine learning. Platform ini tidak hanya mengadopsi sistem penyimpanan data milik Alibaba, namun juga mendukung sistem penyimpanan data open-source lainnya seperti, Kafka, HDFS dan HBase.

Alink diandalkan dalam menjalankan berbagai proses bisnis di ekosistem Alibaba. Sebagai contoh, pada ajang 11.11 Global Shopping Festival yang diadakan Alibaba tahun ini, Alink telah berkontribusi dalam meningkatkan jumlah klik pada rekomendasi produk sebesar 4% di Tmall.

Hingga hari ini, Alibaba telah memperoleh lebih dari 690.000 bintang dari sekitar 20.000 kontributor di GitHub, menjadikannya salah satu dari sepuluh kontributor teratas di komunitas tersebut. Selain GitHub, Alibaba juga aktif di berbagai komunitas open-source lainnya, seperti Cloud Native Computing Foundation, Alliance for Open Media, Cloud Foundry, Hyperledger, Open Container Initiative, Continuous Delivery Foundation, The Apache Software Foundation, MariaDB Foundation, dan The Linux Foundation.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year