telkomsel halo

Generasi Z lebih ambisius mengejar prestasi

08:42:45 | 30 Okt 2019
Generasi Z lebih ambisius mengejar prestasi
JAKARTA (IndoTelko) - Survei Korn Ferry mengungkapkan pekerja yang lahir antara tahun 1997-2010 (Generasi Z) membawa banyak optimisme, memiliki banyak tujuan, dan lebih tahan terhadap tekanan/stress di tempat kerja dibandingkan dengan mereka yang lahir antara tahun 1982-1996 (Milenial).

Sebagai dua generasi yang nantinya akan mendominasi pasar tenaga kerja, Gen Z dan Milenial menjadi fokus utama dalam survei yang dilakukan oleh Korn Ferry. Hasil survei menunjukkan bahwa dua pertiga responden (60%) percaya bahwa Gen Z lebih optimistis tentang masa depan dibandingkan dengan generasi Milenial. 

Sementara 53% responden mengatakan bahwa Gen Z akan membawa lebih banyak motivasi ke tempat kerja dibandingkan dengan generasi milenial, dan lebih dari 54%  responden berpendapat bahwa Gen Z lebih menekankan pada apakah pekerjaan mereka memiliki tujuan.

"Gen Z lebih optimistis didukung dengan fakta bahwa generasi tersebut adalah generasi yang baru memasuki dunia kerja profesional dan mereka masih sangat bersemangat dan siap menghadapi segala tantangan yang akan muncul. Aspek lain yang juga mungkin mempengaruhi adalah faktor lingkungan yang membentuk pola pengasuhan tertentu. Kita telah melihat hampir satu dekade kemakmuran, yaitu era di mana Gen Z dibesarkan," kata Principal, Advisory, Korn Ferry Indonesia Melisa Soentoro, kemarin.

Berdasarkan penelitian, generasi Milenial membutuhkan umpan balik yang konsisten, hal tersebut merupakan kunci utama untuk mengelola milenial. Mereka termotivasi oleh kepercayaan kepada para pemimpin dan peluang untuk tumbuh dan berkembang. Para pemimpin perusahaan yang memahami perbedaan dalam beragam generasi dapat memupuk kolaborasi yang lebih besar di antara seluruh karyawan untuk mencapai keberhasilan perusahaan.

Kemudian, lebih dari dua pertiga (67%) responden survei mengatakan bahwa generasi Milenial lebih merasa tertekan/stress di tempat kerja dibandingkan Gen Z, 58% responden mengatakan Milenial lebih termotivasi oleh gaji/kompensasi, dan 65% mengatakan Milenial lebih termotivasi oleh proses kenaikan karier mereka yang cepat.

Selain itu di dalam survei, penilaian terhadap responden dilakukan untuk menentukan generasi mana yang lebih memiliki keseimbangan kerja dan kehidupan (work/life balance) dan generasi mana yang lebih mudah diajak bekerja sama.

“Setiap generasi baru yang memasuki dunia kerja membawa atribut yang unik beserta tantangan masing - masing. Sangatlah penting bagi para pemimpin perusahaan untuk memahami apa yang memotivasi semua karyawan untuk melakukan yang terbaik dalam pekerjaan mereka setiap hari dan untuk menciptakan budaya di mana semua karyawan merasa didukung dan dihargai,” tutup Melisa.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year