telkomsel halo

Simak startup yang ikuti Surge 02 2019

06:17:18 | 10 Okt 2019
Simak startup yang ikuti Surge 02 2019
JAKARTA (IndoTelko) - Surge, program yang diluncurkan Sequoia India untuk early stage startup (startup pada tahap pengembangan awal) di India dan Asia Tenggara, mengumumkan 20 early stage startup inovatif dan ambisius yang terpilih mengikuti Surge 02 2019.

Dalam sembilan bulan setelah diluncurkan di Maret 2019, Surge telah berkembang menjadi komunitas yang terdiri dari 80 founder dari 37 startup, dari enam negara.

Surge menyediakan modal sebesar US$1 juta hingga US$2 juta untuk setiap startup melalui program pelatihan pengembangan perusahaan, studi banding global dan dukungan dari komunitas mentor dan founder startup.  

Surge 02 2019 mengikutsertakan tiga startup yang berbasis di Indonesia: Chilibeli, Storie dan Rukita.

Pada gelombang sebelumnya, dua startup Indonesia lainnya – Bobobox dan Qoala – telah mengikuti  program Surge di awal tahun ini. Kelima startup asal Indonesia ini mencakup berbagai sektor, diantaranya InsurTech, Hospitality, eCommerce, Social Commerce, dan Co-Living.

Surge adalah sebuah inisiatif Sequoia India. Sequoia India sendiri telah berinvestasi di lebih dari 250 startup di India dan Asia Tenggara.

Di Indonesia, Sequoia India telah menyuntik dana pada lebih dari selusin startup selama lima tahun terakhir. Sequoia mendapatkan kesempatan untuk bermitra dengan unicorns seperti Tokopedia, Gojek dan Traveloka, yang membuat dampak besar pada ekonomi Indonesia, serta perusahaan-perusahaan baru seperti Mokapos dan Kopi Kenangan.

“Ekosistem startup Indonesia berada pada titik infleksi. Tingkat adopsi Internet mobile yang tinggi memungkinkan perusahaan untuk berinteraksi dengan konsumen dalam ekonomi yang besar dan berkembang pesat. Ada begitu banyak peluang  di setiap industri, dan berbagai masalah yang dapat dipecahkan oleh teknologi dan startup inovatif,” jelas  Managing Director, Surge, di Sequoia Capital India Rajan Anandan.  

Dikatakannya, Surge telah dirancang dengan konsep ‘open architecture’, untuk mendukung para investor lain untuk terlibat dalam putaran pendanaan Surge pertama. Bahkan, 80% dari startup Surge 02 2019 memiliki co-investor di putaran pendanaan

Surge. Para founder juga memiliki kesempatan untuk mempresentasikan startup-nya di hadapan berbagai perusahaan modal ventura dan investor strategis di akhir program.

Surge adalah program empat bulan dimana para founder startup akan mengikuti program seminggu setiap bulannya. Program Surge berlangsung dua kali setahun.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year