telkomsel halo

Qualcomm Snapdragon 855 kantongi sertifikasi keamanan EAL-4+

11:10:26 | 27 Jun 2019
Qualcomm Snapdragon 855 kantongi sertifikasi keamanan EAL-4+
SAN DIEGO (IndoTelko) – Qualcomm Technologies, Inc., anak perusahaan dari Qualcomm Incorporated (NASDAQ: QCOM), mengumumkan bahwa Qualcomm Secure Processing Unit, sebuah elemen keamanan yang terintegrasi dengan Qualcomm Snapdragon 855 Mobile Platform, telah mendapatkan sertifikasi keamanan ‘Common Criteria EAL-4+’, sebuah standar emas untuk pengujian keamanan perangkat keras bagi kartu pintar (smart card). 

Sertifikasi yang diakui secara internasional ini membuat Snapdragon 855 menjadi mobile system-on-chip pertama yang mendapatkan pengakuan keamanan setara dengan kartu pintar yang biasa terdapat di kartu ATM maupun kartu kredit. 

Qualcomm Secure Processing Unit yang terintegrasi membuat para OEM yang merupakan konsumen dari Qualcomm Technologies dapat menghemat biaya untuk manufaktur komponen tanpa mengorbankan keamanan dan di saat yang sama tetap menawarkan peningkatan performa dan tenaga yang hadir melalui integrasi dengan proses fabrikasi teranyar.

Contoh dari penggunaan Qualcomm Secure Processing Unit antara lain terdapat pada Android Strongbox Keymaster dan Gatekeeper. Contoh lain penggunaan SPU antara lain didemonstrasikan di ajang MWC Shanghai minggu ini seperti kolaborasi Qualcomm Technologies dan Gemalto, perusahaan dari Thales, pada SIM (iSIM) terintegerasi. 

Di masa depan, kemampuan seperti pembayaran offline, fungsi trusted platform module (TPM), transit, ID elektronik, dan dompet crypto sangat mungkin diwujudkan tanpa tambahan cip keamanan.

“Mendapatkan sertifikasi keamanan EAL-4+ merupakan sebuah pencapaian dalam perjalanan kami memberikan keamanan selevel dengan kartu pintar bagi konsumen dan pengguna Snapdragon. Penggunaan yang sebelumnya memerlukan cip keamanan terpisah kini dapat sepenuhnya terintegerasi dalam perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon 855,” kata Senior Director Product Management, Qualcomm Technologies, Inc Jesse Seed.

Sertifikasi dari Qualcomm Secure Processing Unit telah disetujui oleh BSI (Bundesamt für Sicherheit in der Informationstechnik), Lembaga Federal untuk Keamanan Informatika Jerman. Program sertifikasi dari BSI ini dikenal sangat ketat sehingga hasilnya diakui secara global.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year