Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019
telkomsel halo

Ini cara produksi "Livestreaming" yang menghibur

05:03:53 | 22 Mar 2019
Ini cara produksi
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Menjadi pro-player sekaligus livestreamer kini merupakan tren baru di kalangan penggemar serta pegiat video gim dan eSports lokal.

Tingginya nilai pendapatan yang dihasilkan menjadi salah satu faktor utama dari berkembangnya kegiatan livestreaming.

Tyler “Ninja” Blevins, gamer sekaligus livestreamer profesional tersohor di dunia, mampu meraup pendapatan mencapai US$10 juta atau sekitar Rp144 miliar dari kegiatannya menyiarkan permainan video gim sepanjang tahun 2018.

Baru-baru ini, Ninja memperoleh bayaran hingga sekitar US$1 juta dari Electronic Arts, salah satu pengembang video gim terkemuka untuk memainkan gim Apex Legends dalam sesi livestreaming-nya.

Selain skill dan bakat yang menonjol dalam memainkan video gim, menjadi seorang livestreamer yang populer membutuhkan sisi kreativitas dalam membuat serta menyiarkan konten yang menghibur untuk ditonton.

Kreativitas juga dibutuhkan livestreamer untuk membangun konten yang berbeda dan bersaing dengan kreator konten gaming lainnya. Sebagai sebuah platform livestreaming video gim dan eSports, Nimo TV tentunya kaya akan talenta-talenta terbaik dalam kancah video gim profesional; salah satu yang bisa menjadi perhatian adalah Kenboo.

Bernama asli Christopher Kayne Nitiatmadja, Kenboo merupakan salah satu punggawa skuad PUBG Mobile dari RRQ yang dibentuk sejak Agustus 2018.

Selain menjadi pemain video gim profesional dengan capaian tiga trofi juara di berbagai turnamen hingga tahun 2019, Kenboo juga menjadi livestreamer resmi Nimo TV dengan lebih dari 8 ribu followers serta lebih dari 100 ribu subscribers di kanal YouTube resminya.  

Berikut tip menjadilivestreamer menghibur ala Kenboo:
1. Pahami gadget
Pemain berusia 20 tahun ini mengakui pentingnya menggunakan alat dan gadget berspesifikasi tinggi. “Yang paling pertama tuh adaptor, terutama adaptor yang nyambungin handphone ke kabel HDMI. Selain itu microphone juga penting, supaya suara lo bisa kedengaran clear dan selancar mungkin,” katanya.

Selain alat-alat penunjang livestreaming tersebut, pemilihan gadget dan komputer untuk livestream juga menjadi penting agar kualitas gambar tidak menurun atau mengganggu kegiatan bermain. “Untuk handphone, pastiin speknya kuat untuk main PUBG Mobile sambil livestream. Selain itu spek komputer lo juga penting; kalau speknya gak bagus-bagus amat livestream lo bisa patah-patah, soalnya software buat livestream gak cuma satu doang,” katanya.

2. Pilihan game
Pemain asal kota Bandung ini telah mengikuti perkembangan PUBG Mobile sejak season pertama.

Namun selain itu, Kenboo juga mendalami berbagai gim berbasis shooter lainnya seperti Counter Strike:Global Offense, Point Blank hingga yang terbaru: Apex Legends.

“Kalau dari dulu itu aku main PB sejak kelas dua SMP, sedangkan PUBG Mobile udah dari season pertama banget,” katanya.

PUBG Mobile juga yang akhirnya membawa Kenboo kepada kancah video gim profesional. Bersama tim lamanya, Quattuor Folium Trifolium, Kenboo berhasil meraih juara ketiga pada turnamen Ultimo Hombre Axis Pyramid League 2018 kategori PUBG Mobile meski saat itu belum berstatus pemain profesional. Keberhasilan itu membuatnya dilirik oleh RRQ yang sedang merancang skuad untuk PUBG Mobile.

3. Lakukan aktivitas yang menghibur
Ketertarikan Kenboo untuk menjadi livestreamer dikarenakan kegemarannya berinteraksi dengan penonton serta fans-nya. Menurutnya, ia lebih senang menganggap fans-nya sebagai teman.

“Gue menganggap fans gue itu setara sebagai teman-teman gue sendiri, karena gue merasa mereka selalu enak untuk diajak ngobrol.” Untuk membuat kegiatan livestreaming-nya menyenangkan bagi fans, Kenboo tak jarang membuat aktivitas tersendiri dalam permainannya," katanya.

Telkom Marketing 2
4. Buat persona yang khas
Ada alasan tersendiri bagi Kenboo untuk mengecat rambutnya: ia ingin membuat persona yang khas sebagai pembeda. “Cara gue ngebuka sesi livestream atau video gue beda sendiri dengan yang lain. Dulu awalnya malah ga sengaja dibikin,” katanya.

5. Platform  
Sebagai platform livestreaming video gim, Nimo TV memastikan kualitas konten yang terbaik sebagai jaminan. Sebagai seorang livestreamer, hal ini diamini Kenboo. Menurutnya, platform aplikasi livestreaming itu penting, terutama yang peduli terhadap perkembangan industri video gim.

Angkasa Pura 2
“Yang juga penting itu platform yang bisa bikin kita lancar berinteraksi dengan supporter dan fans,” tutupnya.(pg)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
telkom solution travel
pollingkabinetjokowi.jpeg
More Stories
telkom sigma