telkomsel halo

Jokowi pamer Palapa Ring, Bendahara TKN: Itu contoh kongkrit kerja nyata!

14:16:00 | 18 Feb 2019
Jokowi pamer Palapa Ring, Bendahara TKN: Itu contoh kongkrit kerja nyata!
Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Sakti Wahyu Trenggono (ist)
JAKARTA (IndoTelko) - Calon Presiden (Capres) No 01 Joko Widodo dalam debat pemilihan Presiden (Pilpres) putaran kedua pada Minggu (17/2) terlihat semangat memamerkan keberhasilannya menuntaskan mega proyek Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) Palapa Ring.

"Kita telah bangun yang namanya Palapa Ring. ini adalah tersambungnya backbone broadband dengan kecepatan tinggi. Di Indonesia bagian Barat telah 100% diselesaikan. Di Indonesia bagian tengah 100% kita selesaikan. Indonesia bagian timur telah selesai 90% dan akan kita selesaikan pada tahun ini. inilah sekali lagi pentingnya infrastruktur selain pembangunan sumberdaya manusia yang ke depan ini juga secara besar-besaran kita lakukan," kata Jokowi kala debat berlangsung.

Jokowi pun menyakini kehadiran SKKL tersebut akan mendukung perkembangan Unicorn-unicorn di Indonesia serta menopang Revolusi Industri 4.0. 

Bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan paparan kandidatnya tentang Palapa Ring membuktikan Jokowi tak hanya peduli dengan hard infrastructure, tetapi juga soft infrastructure. (Baca: Jokowi Pamer Palapa Ring)

"Palapa Ring itu "tol langit", ini akan memperkuat Tol Laut dan Tol Darat yang beliau bangun. Ini bukti beliau memiliki visi membangun Indonesia secara total dan optimis di era digital ini," kata Pria  yang akrab disapa Mas Treng itu, Senin (18/2).

Menurutnya, keberanian Jokowi menuntaskan proyek Palapa Ring harus diapresiasi karena infrastruktur itu maju-mundur pembangunannya. "Skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan penjaminan dari PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII) itu inovasi pembiayaan dari Pak Jokowi. Konsep KBPU ini yang bikin swasta mau masuk bangun Palapa Ring. Lihat dengan konsep sebelumnya yang pakai konsorsium, bubar jalan kan," kata Pria kelahiran Semarang, 3 November 1962 itu.

Dalam catatan, Palapa Ring versi Kabinet Kerja terdiri dari tiga paket, yaitu Palapa Ring Paket Barat, Palapa Ring Paket Tengah, dan Palapa Ring Paket Timur. (Baca: Proyek Palapa Ring)

Proyek ini memperoleh dukungan fasilitasi pendampingan proses transaksi dan menerapkan skema pembayaran ketersediaan layanan atau availability payment (AP) dari Menkeu. Komponen yang dibiayai AP adalah biaya modal, biaya operasional, dan keuntungan wajar yang diinginkan badan usaha.

PT Palapa Ring Barat merupakan Badan Usaha Pelaksana (BUP) bentukan Konsorsium Mora Telematika Indonesia – Ketrosden Triasmitra selaku pemenang lelang Proyek Palapa Ring Paket Barat. Kabel optik yang digelar sekitar 2.000 km.

Paket tengah yang dimenangkan konsorsium Pandawa Lima mengerjakan infrasatruktur di wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara (sampai dengan Kep. Sangihe-Talaud) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.700 km. Ditaksir nilai proyek ini US$ 47,08 juta.

PT Palapa Timur Telematika (PTT) mengerjakan proyek Palapa Ring Timur. Proyek Palapa Ring Paket Timur menjangkau wilayah Nusa Tenggara Timur, Maluku, Papua Barat, dan Papua (sampai dengan pedalaman Papua) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 6.300 kilometer.

"Pokoknya kalau bicara ekonomi digital kedepannya, Pak Jokowi top deh semalam. Paparan beliau soal Unicorn dan Revolusi Industri 4.0 itu memikat pemilih milenial yang banyak berbisnis digital," pungkasnya.(dn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year