telkomsel halo

Lazada kuasai pemberitaan media selama Harbolnas 2018

08:56:57 | 21 Dec 2018
Lazada kuasai pemberitaan media selama Harbolnas 2018
JAKARTA (IndoTelko) - Perhelatan Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 12.12 yang jatuh di tanggal 12 Desember 2018 yang lalu, cukup mendapatkan animo dari masyarakat.

Hal ini ditandai dengan jumlah peserta Harbolnas 12.12 di tahun 2018 yang mencapai 300 entitas, dibandingkan dengan tahun 2017 yang hanya 240 Entitas.

Selain itu di Harbolnas 12 Desember 2018, omzet mencapai Rp 7 triliun, lebih tinggi ketimbang omzet tahun 2017, yang hanya sebesar Rp 4,7 triliun.

Hal ini membuktikan bahwa Harbolnas 12.12 tahun 2018, bisa dikatakan sebagai salah satu perhelatan klimaks pesta belanja online di Indonesia setelah 9 September, 10 Oktober, dan 11 November, yang cukup dinantikan oleh masyarakat.

PT Binokular Media Utama sebagai salah satu perusahaan media monitoring dan riset media terbesar di Indonesia, tergerak melakukan riset pemberitaan mengenai Harbolnas, untuk mengetahui eCommerce apa yang paling banyak disebutkan dalam pemberitaan mengenai Harbolnas.

"Dalam riset ini Binokular memantau 200 media, baik cetak dan online, serta 10 stasiun televisi nasional yang menyebutkan keyword Harbolnas,  dengan kurun waktu, tanggal 1 Desember sampai dengan 14 Desember 2018," ungkap CEO Binokular Media Utama Sapto Anggoro dalam keterangan, kemarin.

Dalam riset ini diketahui bahwa media online yang paling banyak memberitakan Harbolnas 2018 adalah Tribunnews.com sebanyak 50 berita.

Sedangkan media cetak yang paling banyak memuat berita dengan keyword Harbolnas adalah Kontan dengan total 19 pemberitaan.

Untuk media televisi, CNN Indonesia paling banyak mempublikasikan berita mengenai Harbolnas 2018 dengan 14 total pemberitaan.

Dalam kurun waktu 1 Desember sampai dengan 14 Desember 2018, berdasarkan riset yang telah dilakukan dengan memonitoring 200 media cetak dan online serta 10 stasiun televisi nasional terdapat 914 artikel yang memuat keyword Harbolnas.

Dari 914 Artikel tersebut kemudian kita breakdown per keyword berdasarkan nama-nama eCommerce sepuluh besar yang paling banyak di akses oleh public sebagaimana dipublikasikan oleh lembaga iprice.co.id.

Kesepuluh besar e-commerce tersebut adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Blibli, JD ID, Sale Stok Indonesia, Elevenia, Bhinneka dan Zalora.

Berdasarkan riset pemberitaan yang telah dilakukan, eCommerce yang paling banyak diberitakan oleh media cetak, media online dan televisi adalah Lazada dengan total pemberitaan sebanyak 91 berita. Pemberitaan mengenai Lazada, terbanyak didominasi pemberitaan terkait promo Flash Sale Diskon Harbolnas 99%.

Kemudian di posisi kedua ditempati oleh Bukalapak dengan total pemberitaan sebanyak 68 berita. Pemberitaan mengenai Bukalapak, paling banyak adalah pemberitaan mengenai hadiah Harbolnas Bukalapak yang menjual mobil Mini Cooper seharga Rp 12 ribu dan berhasil didapatkan oleh seorang pengemudi ojek online.

Untuk posisi ketiga, Shopee dengan total pemberitaan sebanyak 57 berita. Pemberitaan untuk Shopee di Harbolnas 2018 ini, didominasi pemberitaan mengenai Birthday Sale Bagi-bagi Gratis CD BLACKPINK Bertandatangan.

Di posisi keempat diduduki oleh JD ID dengan total pemberitaan sebanyak 29 berita. Pemberitaan mengenai JD ID, dididominasi oleh pemberitaan promo JDOR! 12.12.

Sedangkan pada posisi kelima, Tokopedia dengan jumlah pemberitaan sebanyak 18 berita. Meskipun Tokopedia sebagai eCommerce yang paling banyak di kunjungi versi iprice.co.id, namun dalam perhelatan Harbolnas 2018, hanya menduduki peringkat kelima.

Sementara itu untuk posisi keenam ada Blibli dengan 13 pemberitaan, di posisi ketujuh ada Zalora dengan total 8 pemberitaan, posisi kedelapan ada Levenia yang disebutkan di 3 pemberitaan, sedangkan Bhinneka ada diposisi kesembilan dengan 2 pemberitaan. Posisi terakhir adalah Sale Stok yang diperhelatan Harbolnas 2018, tidak disebutkan sama sekali dalam pemberitaan mengenai Harbolnas.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year