telkomsel halo

SIA gaet Alibaba Group untuk transformasi digital

10:11:09 | 25 Aug 2018
SIA gaet Alibaba Group untuk transformasi digital
Kerjasama Singapore Airlines dan Alibaba Group.(ist)
HANGZHOU (IndoTelko) - Singapore Airlines (SIA) dan Alibaba Group mengumumkan kemitraan strategis secara menyeluruh yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan bagi para pelancong melalui transformasi teknologi yang potensial, serta kerja sama di berbagai bidang lainnya.

Kolaborasi ini mencakup beberapa investor dalam ekosistem Alibaba Group, termasuk Fliggy, Alibaba Cloud, Alipay, dan Cainiao Network.

Kemitraan ini mencakup berbagai bidang seperti penjualan tiket pesawat, program loyalitas maskapai, inisiatif pemasaran, layanan cloud, serta logistik dan pembayaran.

Kemampuan dari kedua grup yang digabungkan dengan akses menuju ke lebih dari 600 juta pengguna aktif perangkat seluler milik pasar ritel Alibaba Tiongkok akan membuka berbagai manfaat baru bagi para pelanggan di dalam rantai nilai ritel dan perjalanan.

SIA dan Alibaba Group akan mendapatkan masukan dari para pelanggan yang dapat ditindaklanjuti untuk kepentingan para pelancong dalam salah satu pasar perjalanan yang paling cepat berkembang di dunia.

Ikatan ini merupakan perpanjangan yang signifikan dari kemitraan antara SIA dan afiliasi Alibaba Group, Alipay, yang diperkenalkan sebagai salah satu opsi pembayaran di situs SIA pada tahun 2013. Pada tahun 2016, salah satu gerai resmi unggulan SIA juga diluncurkan, yang dulu dikenal sebagai Alitrip (kemudian berganti nama menjadi “Fliggy”), sebuah platform layanan perjalanan milik Alibaba untuk pembelian langsung tiket penerbangan SIA oleh para pelanggan di Tiongkok.

Dibangun atas dasar inisiatif-inisiatif tersebut, perluasan kemitraan ini menggambarkan konvergensi tanpa batas bagi pengalaman ritel online dan offline pada sebuah realita digital-first. Pendekatan ini merupakan pendekatan natural yang sesuai dengan posisi SIA sebagai salah satu maskapai terkemuka di dunia dan fokusnya dalam menginovasikan pengalaman pelanggan secara digital.

Executive Vice President Commercial Singapore Airlines Mak Swee Wah menjelaskan  meningkatkan kapabilitas digital merupakan salah satu prioritas perseroan dan kemitraan dengan Alibaba Group akan menjadi sebuah elemen penting dalam perjalanan  untuk menjadi pemimpin dalam dunia aviasi digital.

"Melalui aset digital muktahir milik Alibaba Group dan wawasan yang tajam mengenai perilaku pelanggan di Tiongkok, kami akan dapat lebih memahami kebutuhan pelanggan kami, serta mengembangkan solusi perjalanan yang lebih inovatif untuk membantu mereka menjelajahi dunia ini,” ungkapnya.

Para pelanggan tidak perlu menunggu lebih lama untuk mulai merasakan manfaat dari kemitraan ini.

Pada tahun ini, KrisFlyer dan Fliggy akan memperkenalkan konversi poin secara dua-arah, yang akan memungkinkan para anggota untuk menikmati keuntungan dari kedua program loyalitas tersebut.

Para anggota KrisFlyer akan dapat menukarkan KrisFlyer miles mereka menjadi poin Fliggy, dan sebaliknya, para anggota Fliggy akan dapat menukarkan poin Fliggy mereka ke KrisFlyer miles. SIA dan Fliggy juga berencana untuk menjelajahi kesempatan lainnya untuk mensinergikan program loyalitas mereka dan mendorong promosi lintas layanan keanggotaan tersebut.

Selain itu, para anggota Fliggy yang memenuhi syarat pada tingkatan program loyalitas tertentu akan dapat memperoleh status KrisFlyer Elite Silver atau Gold.

Hak istimewa ini juga mencakup bonus tier dalam jumlah miles atau jarak yang diterbangi secara aktual, daftar tunggu reservasi prioritas, hak istimewa dalam memilih tempat duduk, dan penanganan bagasi prioritas. Anggota Fliggy yang mendapatkan status Gold dari Krisflyer Elite juga akan menerima keuntungan dari seluruh jaringan Star Alliance, aliansi terbesar maskapai di dunia.

Kerja sama ini rencananya mencakup berbagai bidang sebagai berikut:

• SIA dan Alipay, platform pembayaran online dan seluler terbesar di dunia yang dioperasikan oleh Ant Financial, akan bekerja untuk memperluas penerimaan Alipay di luar pembelian tiket penerbangan, namun juga mencakup produk dan layanan dalam penerbangan , layanan bandara, merchandise ritel, dan ancillary touchpoints.

• Bersama dengan Alibaba Cloud, sumber daya infrastruktur komputasi milik Alibaba Group, SIA akan menjelajahi lebih jauh dalam ekosistem IT milik SIA – mulai dari hosting web hingga aplikasi dan sistem keanggotaan – dapat memanfaatkan jaringan global Alibaba Cloud. Hal ini melingkupi cakupan luas dari pusat data Alibaba Cloud serta kemampuannya dalam mengatasi kebutuhan sumber daya bidang aviasi melalui ET Brain, program AI milik Alibaba Cloud.

• SIA akan bekerja lebih dekat dengan Cainiao Network, perusahaan logistik milik Alibaba Group, untuk meningkatkan layanan kargo udara internasional, serta bergabung dengan usaha milik Cainiao Network yang lebih luas dalam membangun jaringan logistik cerdas yang mampu mengirimkan ke Tiongkok dalam waktu 24 jam dan 72 jam secara global.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year