telkomsel halo

Trik menghindari `ranjau` di internet

04:08:19 | 11 Aug 2018
Trik menghindari
JAKARTA (IndoTelko) - Masih ingat ketika internet masih merupakan hal yang menyenangkan? Akhir-akhir ini internet layaknya ladang ranjau daripada tempat bermain.

Pengguna menjelajah  secara hati-hati dan tidak mempercayai apa pun, bertanya-tanya apakah link tersebut aman atau tidak? Akan sangat sulit untuk menikmati dunia digital ketika perasaan anda penuh dengan kekhawatiran dan kecurigaan.

Penipuan phishing menggunakan rekayasa sosial untuk mengelabui pengguna supaya mengunduh malware atau memberikan data sensitif.

Salah satu metode yang sangat popular adalah menciptakan website palsu yang sangat mirip dengan aslinya yang digunakan untuk mengelabui anda agar memasukkan login kredensial dan info akun anda.

Setelah mengirimkan data diri Anda ke situs umpan yang dirancang untuk mengetahui informasi yang anda isi, rekayasa sosial juga dapat mengarahkan anda ke website yang terinfeksi yang akan mengunduh malware ke dalam sistem anda.

Atau anda akan disajikan dengan link jahat, yang setelah diklik, akan memberikan izin secara jarak jauh kepada penjahat cyber. Tentu saja, tidak ada yang ingin menjadi korban dari aksi semacam ini.

Kabar baiknya adalah kita tidak perlu menjadi korbannya.

Tiga tips keamanan situs web dari Avast dibawah ini akan menjelaskan ketidakpastian dan mengajarkan anda bagaimana cara mengidentiikasi apakah suatu suatu situs dapat dipercaya atau tidak.

Pertama, anda akan mempelajari beberapa pemeriksaan visual sederhana yang akan memberi anda info berguna dalam sekejap.

1. Pemeriksaan visual keamanan situs web
• Periksa kembali URL tersebut - Mari mulai dengan tips termudah. Tidak sulit untuk memastikan keaslian sebuah URL.

Sebelum Anda mengklik link apa pun, arahkan kursor ke atasnya dan lihat di sudut kiri bawah layar anda tempat URL ditampilkan. Trik pertama dari phishing adalah terlihat seotentik mungkin.

Pada pandangan pertama, URL mungkin terlihat seperti McCoy asli, tetapi pemeriksaan lebih dekat dapat terlihat 1 bukannya l, atau .net, bukan .com. Latih diri Anda untuk memeriksa setiap URL sebelum Anda mengklik atau sebelum Anda memasukkan informasi pribadi seperti nama pengguna dan kata sandi.

• Periksa https - Huruf-huruf yang anda lihat di awal setiap URL merupakan Hypertext Transfer Protocol (http). Ini adalah dasar untuk bagaimana data dikomunikasikan di web. Dan meskipun sangat bermanfaat, hal ini juga mudah diretas.

Penambahan "S" seperti dalam "https" (dan ikon kunci), bagaimanapun, memberitahu anda bahwa situs tersebut aman.

Situs web dengan ikon gembok pada bagian alamat dan awalan https akan dienkripsi dan memiliki sertifikat SSL tepercaya, pada dasarnya menjamin sambungan aman antara situs web dan browser. Jika anda tidak dapat memverifikasi bahwa situs web atau tautan aman dengan https, waspadalah dan jangan masukkan informasi pribadi apa pun.

Dan, perlu diperhatikan: penjahat dunia maya melakukan segala cara untuk menampilkan diri mereka sebagai orang yang sah atau memiliki otorisasi, bila https:website lebih aman, anda dapat mengikuti salah satu yang dijalankan oleh penjahat. Jadi, jika anda masih curiga tentang situs https:, gunakan alat keamanan lain di bawah ini untuk memeriksa apakah situs web tersebut aman.

2.    Alat keamanan situs web
• Gunakan alat browser bawaan - Alat pertama yang harus anda kenali adalah langkah-langkah keamanan yang sudah ada di browser anda. Lihatlah pengaturan privasi dan keamanan anda. Kemungkinannya, anda akan menemukan pengaturan default yang lebih longgar dari yang anda inginkan. Atur secara manual aturan dan pengaturan dengan cara yang membuat anda nyaman. Blokir popups, cegah unduhan otomatis, jangan izinkan pelacakan. Pilihan anda akan bervariasi tergantung pada browser pilihan anda.

• Jalankan pemeriksaan keamanan situs web online - Ada beberapa pilihan yang dapat anda pilih, tetapi kami merekomendasikan VirusTotal untuk posisi yang tidak lazim. Alat-alat online ini menggunakan scanner antivirus dan solusi keamanan lainnya untuk memeriksa situs web dari  ancaman apa pun. Cukup masukkan URL yang ingin Anda pindai ke dalam bar pencarian di situs, dan dapatkan hasil yang instan. Masukkan URL, dan VirusTotal akan memberi tahu Anda jika situs tersebut mencurigakan.

• Pasang alat keamanan web - Untuk kepercayaan keamanan situs web secara total, lindungi diri Anda dengan rangkaian keamanan siber yang canggih, seperti Avast Free Antivirus. Anda juga dapat menambahkan manfaat privasi ke keamanan situs web jika Anda menggunakan jaringan pribadi virtual seperti Avast SecureLine VPN. Dan kami juga merekomendasikan Avast Secure Browser, browser keamanan terdepan yang tersedia di pasaran.

3.Penelitian cepat keamanan situs web
• Periksa detail kontak untuk situs web - Jika Anda sudah melakukan semua hal di atas namunAnda masih tidak yakin, berbaris ke pintu depan dan ketuk. Artinya, temukan info "Hubungi Kami" di situs Tim kami menjawab akan memberikan anda petunjuk apakah operasi tersebut sah atau tidak.

• Periksa apakah antivirus anda memiliki Sertifikat Anti-Phishing - Tidak semua memiliki sertifikat tersebut. Cari lab pihak ketiga yang menguji anti-phishing, seperti AV-Comparatives. Mereka menguji produk antivirus terhadap URL phishing (yang berusaha mendapatkan informasi pribadi Anda) dan mereka memeriksa positif palsu ketika datang ke situs web perbankan yang sah, untuk memastikan produk keamanan mengetahui perbedaannya. Avast Free Antivirus dapat mengatasinya dan merupakan satu-satunya perangkat lunak gratis yang telah mendapatkan Sertifikat Anti-Phishing.

• Periksa untuk melihat apakah URL memiliki kebijakan privasi - Jika situs web tidak memiliki kebijakan privasi, akan tertera bendera merah, untuk mempertanyakan apakah perusahaan/situs tersebut  sah atau tidak.

• Carilah pemilik domain situs web dengan menggunakan WHOIS - Anda juga dapat meneliti siapa yang memiliki domain tertentu dengan memeriksa catatan publik yang tersedia melalui pencarian WHOIS. Pelajari segala sesuatu tentang domain, termasuk siapa yang mendaftar dan kapan waktu mereka mendaftar

Internet penuh dengan penipuan phishing. Tidak ada merek yang aman dari pemalsuan, dan tidak ada pengguna yang aman untuk ditargetkan.

Lebih dari sebelumnya, kita harus bertanggung jawab atas keamanan online kita sendiri. Ikuti tips di atas dan tetap cerdas. Kami dapat memberikan semua info yang anda butuhkan, tetapi pembela terbesar diri anda adalah diri anda sendiri.(pg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year