telkomsel halo

Aplikasi HMA! bikin akses internet makin aman

07:17:03 | 21 Jun 2018
Aplikasi HMA! bikin akses internet makin aman
JAKARTA (IndoTelko) - Jack dan tim HideMyAss! (HMA!) mengumumkan versi terbaru (4.0) dari aplikasi HideMyAss!

Fitur baru yang ditawarkan aplikasi ini diantaranya Location Mode baru, IP Shuffle, dan fitur Kill Switch yang membuat lebih mudah dalam mengatur keamanan dan terlihat anonim pada saat online.  

"Kini, penyedia jasa internet, penjahat cyber dan agensi pemerintah yang ingin melacak anda akan membutuhkan waktu yang lama dan sulit untuk melakukannya," tulis pernyataan resmi pengembang aplikasi ini melalui keterangan, kemarin.

Salah satu fitur khusus yang dibanggakan adalah IP Shuffle, yang secara berkala mengacak alamat IP pengguna. HMA! memiliki lebih dari 890 server di 280 lokasi yang terletak di 190 negara untuk mendukung fitur ini.

IP Shuffle terintegrasi secara baik dengan pembaruan fitur penting lainnya yaitu: Kill Switch. Kini tersedia pada Windows dan Mac, Kill Switch secara cepat menghentikan koneksi internet anda jika server VPN berhenti. Ini merupakan mekanisme gagal-aman yang dimiliki oleh produk ini.

HMA! juga telah menyelesaikan design ulang pada Location Mode yang memudahkan pengguna untuk memilih dan memfavoritkan lokasi server terbaik di seluruh dunia untuk kegiatan VPN yang diinginkan seperti streaming atau P2P.

Jika masih belum cukup, versi 4.0 hadir dengan aturan koneksi baru yang disebut Trusted Networks.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memilih jaringan yang tidak ingin terhubung dengan VPN.

”Teknologi telah memungkinkan pengawasan dan kejahatan masal dapat terjadi pada skala yang belum pernah terjadi sebelumnya. Pada sisi lain, konsumen yang memerlukan privasi dan keamanan online yang lebih baik untuk melindungi diri mereka dapat memanfaatkan teknologi yang baik seperti VPN," kata Juru Bicara HideMyAss! Brad Poole.

Menurutnya, perundang-undangan terbaru seperti Investigatory Powers Act dan GDPR telah meningkatkan kebingungan, kepanikan dan kemarahan. Namun dalam menyikapi hal tersebut, mereka telah membantu untuk meningkatkan kesadaran mengenai hak azasi manusia ketika melakukan aktivitas online. Namun, privasi dan keamanan online masih dirusak oleh organisasi yang membagikan dan menyimpan informasi pribadi dan aktivitas internet, terkadang tanpa sepengetahuan orang tersebut.

"Pembaruan pada versi 4.0 menambahkan lapisan ekstra pada privasi dan keamanan untuk membantu memproteksi kita dari pengintai dan penjahat cyber,” katanya.

Ditambahkannya, server yang digunakan HMA! telah sepenuhnya dienkripsi dengan fitur bernama Full Desk Encryption.

Secara teknis, ini bukan bagian dari HideMyAss! Versi 4, namun ini hal yang penting. Fitur ini menawarkan perlindungan terhadap pencuri fisik dari drive server VPN dan penyalahgunaan data sensitif.

"Drive kami yang sangat terenkripsi membuat mereka terhindar dari ancaman potensial seperti duplikasi mencurigakan dari pihak ketiga, instalasi penyadapan dan modifikasi data oleh peretas," katanya.

Versi 4.0 HMA! kini tersedia dalam 27 bahasa pada platform tertentu, seperti Window, MacOS, iOS, dan Android. Produk ini diberi harga US$ 6,99 per bulan dengan paket 12 bulan dan memungkinkan koneksi hingga 5 perangkat secara bersamaan.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year