telkomsel halo

Kaspersky kasih resep lawan stress hadapi medsos

06:13:00 | 13 Apr 2024
Kaspersky kasih resep lawan stress hadapi medsos
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Stress Awareness Month yang diperingati setiap bulan April sejak tahun 1992, berfungsi sebagai pengingat utama akan pentingnya mengelola stres untuk menjaga kesehatan mental dan fisik pengguna.

Media sosial telah muncul sebagai sumber stres yang signifikan, berkontribusi terhadap meningkatnya kecemasan dan masalah terkait tekanan di kalangan pengguna.

Selain fakta bahwa media sosial dapat membanjiri kita dengan terlalu banyak informasi dan membuat diri merasa ketinggalan, media sosial juga membuat penggun rentan terhadap penipu yang dapat mengeksploitasi informasi pribadi untuk mendapatkan keuntungan.

Memahami bagaimana media sosial memengaruhi kesejahteraan penggunanya sangat penting untuk mengelola stres. Penting untuk mempelajari cara memiliki hubungan yang lebih sehat dengan ruang digital ini.

Berikut tips sederhana para ahli Kaspersky untuk meminimalkan dampak negatif jejaring sosial terhadap kesejahteraan digital :

    Penerapan privasi melalui pengaturan akun
Mengonfigurasi pengaturan privasi akun online secara tepat merupakan langkah penting dalam menjaga informasi pribadi dan menjaga keamanan digital. Dengan menyesuaikan siapa yang dapat melihat profil dan postingan, pengguna dapat secara signifikan mengurangi risiko interaksi yang tidak diinginkan dengan orang asing yang mungkin memiliki niat buruk. Tindakan proaktif ini memitigasi potensi ancaman seperti penguntitan, pencurian identitas, doxing, dan penipuan phishing. Mengikuti instruksi dari layanan online pemeriksa privasi akan membantu pengguna mengelola pengaturan privasi di jejaring sosial paling populer.

    Koneksi selektif dan berbagi secara strategis merupakan langkah penting untuk memberikan keamanan online dan kesejahteraan digital
Dengan membatasi koneksi hanya ke orang-orang yang dikenal secara pribadi, akan mengurangi kemungkinan untuk menerima konten berbahaya atau berhadapan dengan penipu. Menghadapi konten tidak pantas, seperti adegan kekerasan atau kekejaman, dapat menimbulkan ketidaknyamanan; dengan mengendalikan lingkungan digital melalui penerimaan permintaan pertemanan secara bijaksana, pelanggan berkontribusi pada pengalaman online yang lebih positif dan aman.

Penggunaan alat jejaring sosial untuk mengelompokkan teman memungkinkan berbagi lebih personal. Dengan mengkategorikan teman, pengguna dapat berbagi lebih banyak konten pribadi dengan kelompok dekat, sehingga memperoleh manfaat berbagi di media sosial dengan risiko lebih kecil.

    Kewaspadaan adalah segalanya: tautan apa pun berpotensi menimbulkan tanda bahaya
Setiap tautan yang ditemukan di internet harus diperlakukan dengan hati-hati, meskipun tautan tersebut datang melalui pesan pribadi dari seorang teman, karena selalu ada kemungkinan akun mereka telah disusupi. Di balik tautan yang tampaknya tidak berbahaya di media sosial, sering kali ada skema phishing yang menyamar untuk meniru situs web yang sah. Situs penipuan ini dirancang untuk mengelabui pengguna agar mengungkapkan informasi sensitif, seperti kata sandi, rincian keuangan, dan data pribadi lainnya.

Kemiripan situs phishing ini dengan situs asli dapat dengan mudah menimbulkan kebingungan, sehingga secara signifikan meningkatkan risiko kehilangan data pribadi. Ancaman digital ini menggarisbawahi pentingnya kewaspadaan dan penerapan praktik online yang aman, seperti memverifikasi keaslian situs web sebelum memasukkan informasi apa pun dan menggunakan solusi keamanan yang komprehensif.

    Kata sandi yang lemah adalah harta karun bagi penipu
Kata sandi yang lemah secara signifikan menyederhanakan tugas para penjahat siber, sehingga memudahkan mereka mendapatkan akses tidak sah ke akun media sosial. Setelah disusupi, akun ini dapat dieksploitasi dengan berbagai cara yang berbahaya, seperti menipu orang-orang di daftar kontak Anda atau terlibat dalam blackmail dan pemerasan. Kata sandi yang kuat dan rumit bertindak sebagai garis pertahanan pertama yang penting terhadap ancaman tersebut, membantu melindungi informasi pribadi dan identitas digital, mencegah stres dan komplikasi yang terkait dengan penanganan akun yang diretas.

Menggunakan pengelola kata sandi yang andal tidak hanya meningkatkan keamanan online Anda tetapi juga mengurangi stres karena mengingat banyak kata sandi yang rumit, sehingga mendorong perlindungan Anda terhadap ancaman dunia maya secara maksimal.

    Melaporkan aktivitas mencurigakan dan penindasan di dunia maya ke platform media sosial adalah bagian penting dalam menjaga lingkungan online yang aman dan positif
Platform online adalah sekutu kita dalam upaya mencapai keamanan dan ketenangan digital, apabila digunakan dengan baik. Saat melaporkan konten yang merusak atau penindasan dunia maya, Anda tidak hanya melindungi diri sendiri, namun juga berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat luas. Laporan semacam ini memungkinkan perusahaan media sosial untuk mengambil tindakan yang tepat baik untuk menghapus konten berbahaya, melarang akun berbahaya, atau menerapkan fitur keamanan baru sehingga menciptakan ruang online yang lebih aman bagi semua orang.

Menurut pakar analisis konten web di Kaspersky, Anna Larkina menjelaskan, di dunia media sosial, menggabungkan teknologi dengan memilah informasi adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan mental kita. "Solusi Kaspersky yang meningkatkan privasi dan keamanan pengguna, serta pendekatan kesadaran akan keterlibatan digital, dapat mengubah pengalaman online kita dari sumber stres menjadi interaksi positif," katanya. (mas)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year