telkomsel halo

DKI Jakarta akan terapkan `integrated ducting` untuk kabel optik

08:27:07 | 27 Apr 2018
DKI Jakarta akan terapkan
JAKARTA (IndoTelko) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI akan menjalin kerja sama untuk mewujudkan integrated ducting system guna mendukung penetrasi fixed broadband di Jakarta.

integrated ducting system adalah saluran bersama untuk pemasangan kabel optik.

“Kami ingin segera merealisasikan integrated ducting system atau ducting bersama untuk menunjang percepatan infrastruktur layanan teknologi dan digital,” kata Wakil Gubernur DKI Sandiaga S Uno, kemarin.

Dikatakannya, untuk dapat bersaing dalam era ekonomi digital, maka harus dipastikan ketersediaan infrastruktur yang mumpuni, terutama terkait kebutuhan instalasi fiber optik untuk menunjang akses internet berkecepatan tinggi (high speed internet).

“Melalui sistem ducting yang terintegrasi dengan gedung-gedung bertingkat di Jakarta, dapat dipastikan adanya jalur serta akses fiber optik yang tertata dan memberikan kemudahan bagi pengguna layanan,” ujarnya.

Pemprov DKI mengambil inisiatif untuk berkoordinasi dengan Kemkominfo merealisasikan integrated ducting system dengan konsep public private partnership.

“Kami akan melakukan upaya-upaya yang bersifat masif dan komprehensif supaya jangan sampai ada lagi pekerjaan gali dan tutup lubang untuk menanam kabel yang dilakukan sampai berkali-kali,” tutur Sandi.

Menkominfo Rudiantara mendorong agar Pemprov DKI Jakarta membuat kebijakan yang mengharuskan seluruh bangunan tinggi di ibukota memberikan akses fiber optik bagi operator selular.

“Dengan adanya kebijakan tersebut, maka layanan broadband di ibukota bisa semakin cepat. Kami juga meminta kepada Pemprov DKI supaya pembuatan ducting di Jakarta bisa dipercepat,” ungkap Rudiantara.

Sebelumnya, pemerintah didorong untuk mempersiapkan saluran ducting dan tiang bersama bagi infrastruktur serat optik agar fixed broadband berkembang di Indonesia.

Layanan internet pita lebar menggunakan kabel serat optik memiliki kapasitas bandwith besar dan handal. Keetrsediaan layanan itu akan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berbagi keperluan peningkatan ekonomi. Harus diakui, jaringan itu saat ini masih terbatas penyebarannya.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year