telkomsel halo

Philips Lighting perkuat platform IoT

07:00:06 | 22 Mar 2018
Philips Lighting perkuat platform IoT
FRANKFURT (IndoTelko) - Pada pameran dagang Light + Building 2018, Philips Lighting, menegaskan posisinya sebagai perusahaan pencahayaan untuk Internet of Things (IoT), dengan mengumumkan sebuah platform IoT serta  sistem dan layanan pencahayaan terkoneksi.

Pengumuman utama perusahaan mencakup platform IoT baru bernama Interact, yang merupakan landasan untuk menghasilkan layanan data-enabled bagi pelanggan.

Bagi konsumen, produk yang disorot dalam pameran ini termasuk berbagai luminer, lampu LED dekoratif yang bergaya, serta para mitra baru dan rangkaian produk luar ruang (outdoor) untuk sistem pencahayaan rumah pintar yang populer, Philips Hue.

"Reputasi kami untuk inovasi dalam industri ini tidak tertandingi dan tahun ini kami telah meningkatkan standar bahkan lebih tinggi lagi. Rangkaian inovasi LED terbaru kami mulai dari lampu berpenampilan vintage yang indah untuk melengkapi sejumlah atau luminer kantor kami yang paling populer dengan LiFi, sebuah teknologi pengubah peta permainan (game-changing) yang memungkinkan koneksi internet broadband melalui gelombang cahaya," ujar CEO Philips Lighting Eric Rondolat dalam keterangan, kemarin.

Ditambahkannya, karena pencahayaan menjadi sangat pintar, platform Interact Internet of Things akan menciptakan layanan data-enabled bagi para pelanggan yang memberikan manfaat melebihi sekedar penerangan.

Platform Interact dirancang untuk menangani data yang dikumpulkan dari titik cahaya terkoneksi, perangkat sensor dan sistem yang jumlahnya semakin meningkat. Platform berbasis cloud yang sangat aman dan terskalakan menggunakan kemampuan pengelolaan data dan pemrosesan data yang canggih dan modern, termasuk pembelajaran mesin, untuk mengartikan segala jenis data – menciptakan layanan berbasis data bagi para pelanggan yang akan memberikan manfaat melebihi penerangan semata.

Interact juga merupakan nama sistem pencahayaan terkoneksi yang tidak hanya akan mendukung pelanggan untuk meningkatkan pengalaman pencahayaan mereka, namun juga dapat menghasilkan dan mengunggah data ke platform Interact IoT.

Philips Lighting adalah perusahaan pencahayaan global utama pertama yang memasukkan kemampuan LiFi untuk luminer ke dalam portfolio pencahayaan kantor yang telah ada.

LiFi merupakan teknologi nirkabel dua arah berkecepatan tinggi yang serupa dengan WiFi namun menggunakan gelombang cahaya dan bukan gelombang radio untuk mengirimkan data dengan cara yang sangat aman.

Luminer kantor milik Philips Lighting yang diaktifkan dengan teknologi LiFi memberikan koneksi broadband dengan kecepatan 30Mb per detik (Mb/s), tanpa mengorbankan kualitas pencahayaan. Pada 30Mb/s, pengguna dapat secara bersamaan menjalankan beberapa video berkualitas HD sambil melakukan panggilan video. Icade, perusahaan investasi real estat Prancis, merintis teknologi canggih baru ini di kantor pintarnya di La Defense, Paris.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year