telkomsel halo

Trik agar terhindar dari penipuan di transaksi bank

10:40:22 | 28 Feb 2018
Trik agar terhindar dari penipuan di transaksi bank
JAKARTA (IndoTelko) – Kapan terakhir kali Anda memeriksa laporan transaksi bank (bank statement) Anda?

Jika jawabannya satu minggu, berarti Anda sudah terlalu lama tidak memerhatikan laporan tersebut. Baik dalam bentuk surat yang dikirimkan ke rumah maupun berbentuk e-statement, laporan transaksi bank berisi informasi penting yang dapat membantu Anda untuk menghindari penipuan pembayaran.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi peluang terjadinya penipuan adalah dengan menjadi lebih proaktif dan membangun kebiasaan untuk menggunakan kartu pembayaran secara aman.  

Laporan-laporan daftar transaksi dalam bentuk print maupun online dapat memegang peranan penting untuk mendeteksi adanya penipuan kartu.

Jika diperhatikan baik-baik, laporan-laporan ini dapat menunjukkan apakah sebuah transaksi telah Anda setujui atau belum, sehingga membantu kita untuk mengidentifikasi penipuan secara dini.

Mastercard berbagi tiga langkah aman untuk mendeteksi penipuan dan hal-hal yang perlu Anda perhatikan pada saat melihat bank statement Anda:
 
1. Mobile alerts
Apabila Anda sering bepergian dan ingin terus mendapat informasi terkait transaksi Anda, sejumlah bank menawarkan pilihan untuk mengirimkan notifikasi tersebut ke telepon genggam kapanpun Anda melakukan transaksi.

Dengan tampilan yang mudah disesuaikan, notifikasi-notifikasi ini dapat membantu Anda untuk memeriksa kembali transaksi pembelian dalam jumlah besar. Untuk mengaktifkannya, Anda hanya perlu mendaftarkan nomor telepon Anda melalui bank Anda.

2. Periksa kembali laporan transaksi  
Ketika ada penipu yang mengambil uang Anda dalam jumlah kecil selama periode yang cukup lama, mereka cenderung luput dari perhatian Anda. Latihlah mata Anda untuk menangkap biaya-biaya kecil ini dalam slip transaksi ketika Anda sedang memeriksanya, dan pastikan jumlah yang tertera sudah sesuai dengan transaksi yang telah Anda lakukan.

3. Menjadi sigap dan periksa transaksi secara berkala
Bangun kebiasaan untuk selalu memeriksa  laporan transaksi bank Anda. Sebagian besar bank akan mengirimkan e-statement bulanan ke email Anda, sehingga memungkinkan Anda untuk memeriksanya secara langsung dan lebih cepat. Apabila Anda melihat aktivitas yang mencurigakan dalam laporan transaksi tersebut, segera hubungi bank Anda. Mereka dapat membantu Anda dengan perlindungan pertanggungan jika terjadi kesalahan atau penipuan dalam transaksi bank Anda.

Bank statement dapat membantu Anda dalam banyak hal. Selain itu, mereka juga dapat digunakan sebagai bukti pembelian dan transfer daring. Keuntungan utama yang didapatkan dari bank statement adalah peran mereka yang dapat membantu kita untuk dapat memeriksa laporan transaksi tersebut secara mobile, sehingga memudahkan kita untuk memantau pengeluaran secara real time dan menjaga akun bank tetap aman dari penipuan.(pg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year