Telkom Marketing 2
Telkom Marketing 2
blanja 2019

BRI adopsi chatbot berbasis AI

11:29:07 | 24 Jan 2018
BRI adopsi chatbot berbasis AI
Indra Utoyo (dok)
telkomsat
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) mengadopsi teknologi chatbot berbasis Artificial Intelligence (AI) untuk meningkatkan layanan bagi nasabahnya.

"Kami kerjasama dengan Kata.ai yang bermitra dengan Infomedia untuk berikan layanan Smart BRI New Assistant (SABRINA)," ungkap Direktur Digital Banking & Teknologi Informasi BRI Indra Utoyo, kepada IndoTelko, melalui pesan singkat (24/1).

Dikatakannya, saat ini SABRINA ada di platform FB Messenger dan Telegram. "Sekarang kami fokus mengedukasi pelanggan agar siap menerima layanan ini," katanya.

Layanan virtual assistant chat ini menjadikan nasabah BRI tak perlu menunggu antrian untuk mendapatkan layanan, nasabah kini dimudahkan, cukup dengan chatting bersama SABRINA. Nasabah tidak perlu mendatangi kantor BRI ataupun menelepon CallBRI, SABRINA siap memberikan pelayanan secara langsung.

Mengenai cara kerja penggunaan SABRINA, sejak greeting awal SABRINA menawarkan keramahan kepada nasabah layaknya Customer Service. Selain menginformasikan promo & kegiatan serta produk Bank BRI, SABRINA bisa mengarahkan lokasi Kantor Cabang BRI/ATM/top Brizzi serta layanan aduan.

Adapun layanan chat bot yang lazim digunakan saat ini terbagi menjadi 2 kategori. Pertama chat bot yang menawarkan percakapan layaknya manusia (humanis) karena diperkaya begitu banyak pola small talk (percakapan). Kedua, layanan chat bot  yang berperan sebagai media penjualan produk karena diperkaya dengan carousel  (tampilan gambar) dan button menu yang dapat dipilih oleh nasabah, namun  dari sisi percakapan tidak lebih humanis dibandingkan kategori sebelumnya.

Angkasa Pura 2
Sebelumnya, PT Infomedia Nusantara (Infomedia) berkolaborasi dengan Kata.ai untuk mengembangkan contact center sesuai tren digital. (Baca: Infomedia-Kata A.i)

telkom sigma
Kolaborasi keduanya telah melayani pelanggan Telkomsel dan Unilever. Di Unilever, chatbot berbasis AI diberi nama JENNA. Saat ini JENNA telah ‘berteman’ dengan 1,4 juta pengguna LINE dengan rata-rata lama sesi percakapan mencapai 4 menit. Bahkan, Jenna pernah berdialog selama 2 jam dengan salah satu pengguna produk Unilever. Sementara di Telkomsel, chatbot ini bernama Veronika.(dn)

Telkom Smart City Nusantara
Artikel Terkait
telkom solution travel
More Stories
Telkom Smart City Nusantara
indihome IDN HUT Telkom 54