telkomsel halo

Telkom ambisi jadikan Sumbar Nagari IndiHome

10:16:43 | 05 Jan 2018
Telkom ambisi jadikan Sumbar Nagari IndiHome
GM Witel Telkom Sumbar Sulkan (dok)
PADANG (IndoTelko) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) berambisi menghadirkan jaringan berbasis kabel optik ke seluruh desa di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) untuk mendukung ekonomi digital di ranah minang.

"Ambisi kita menjadikan Sumbar Nagari IndiHome. Maksudnya, di semua Nagari di Sumbar ini ada layanan IndiHome. Sekarang ini kita sudah sediakan kabel optik hingga kecamatan di ranah minang," ungkap GM Witel Telkom Sumbar Sulkan kala ditemui di kantornya, belum lama ini.

Asal tahu saja, Nagari adalah pembagian wilayah administratif di Sumbar di bawah kecamatan.

Istilah ini digunakan untuk menggantikan “desa“ seperti halnya di provinsi-provinsi lain di Indonesia. Sebuah Nagari biasanya dipimpin oleh Wali Nagari. Di Sumbar, tercatat ada sekitar 600 nagari.

Berbeda dengan kelurahan, Nagari memiliki hak mengatur wilayahnya yang lebih luas. Namun dalam perkembangannya, sebuah Nagari dapat ditingkatkan statusnya menjadi kelurahan.

Menurut Sulkan, dengan adanya dana desa yang mengalir ke Nagari artinya kebutuhan akan konektifitas internet berbasis kabel optik sangat tinggi. "Sekarang kan alur informasi berubah, dari desa data diunduh ke pusat untuk digitalisasi. Artinya Nagari di Sumbar ini akan Go Digital sesuai tuntutan dana desa. Kita harus sesuaikan pengembangan alat produksi untuk memenuhi itu," katanya.

Ditambahkannya, pembangunan jaringan optik hingga ke Nagari di Sumbar akan berdampak ke dua segmen pasar. Pertama, untuk pasar consumer terbuka berkembangnya layanan triple play IndiHome. Kedua, untuk segmen korporasi bisa membuka kebutuhan terhadap platform smart city nusantara dan lainnya.

"Potensi untuk pengembangan bisnis internet di Sumbar ini besar sekali. Bicaranya jangan Kota Padang saja, Bukittinggi, Payakumbuh, dan kota lainnya permintaan internet cepat itu besar. Per November 2017 lalu kita ada 167.000 pelanggan dimana 45 ribu diantaranya triple play IndiHome," pungkasnya.(dn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year