Aplikasi ini bikin investor cerdas bermain saham

05:08:59 | 28 Dec 2017
Aplikasi ini bikin investor cerdas bermain saham
JAKARTA (IndoTelko) - Bertransaksi di bursa saham merupakan sebuah pengalaman investasi yang menyenangkan bagi sebagian besar orang, karena dapat memberikan potensi keuntungan yang cukup besar bila dibandingkan bila dana hanya di’parkir’kan di deposito atau tabungan.

Sebagai ilustrasi, mereka yang membeli saham PT Unilever Tbk (UNVR) di awal Januari 2017, maka saat ini nilainya sudah naik menjadi 39.69% dalam waktu  1 tahun.  Hampir 7 kali lipat dibandingkan bunga deposito premium sekitar 6% per tahun (sebelum di potong pajak).

Namun tidak semua orang mengalami cerita sukses ketika terkait dengan invetasi di bursa, masih ada cerita lain yang dialami oleh investor saat harga saham yang dibeli mengalami penurunan secara signifikan karena tidak tahu saat yang tepat untuk membeli dan di harga yang ideal.  

Karena itu setiap investor harus memiliki ilmu dasar yang cukup mengenai saham sebelum memutuskan untuk membeli dan menjual sebuah saham.

Saat ini semakin banyaknya investor retail pasar modal yakni mencapai 1.09 juta orang. Kebutuhan akan informasi, edukasi dan rekomendasi investasi saham yang baik menjadi sebuah keharusan. Apalagi tidak semua retail investor telah menjalani formal training atau membaca literatur mengenai investasi saham secara mendalam.

TEMAN TRADER hadir memiliki visi untuk memberikan pengalaman investasi saham yang mudah, sederhana dan menguntungkan lewat informasi, edukasi dan rekomendasi saham berdasarkan analisa tekninal sehingga pengguna dapat memperoleh waktu dan harga yang optimum untuk kepentingan investasinya.

Awalnya, TEMAN TRADER merupakan  komunitas retail investor yang telah memiliki lebih dari 7400 pengguna di Telegram (4000 pada channel Teman Trader dan 3400 pada group diskusi) menggunakan fasilitas messenger secara intensif, namun seiring dengan kebutuhan para member TEMAN TRADER atau dikenal dengan nama TETRACHAT bertransformasi dengan menggunakan Aplikasi Android yang bernama TETRA X CHANGE terhitung sejak tanggal 20 Desember 2017.

"TETRA X CHANGE mempertemukan retail investor dengan analis saham sehingga bisa mendapatkan informasi yang update mengenai saham saham yang sedang mereka miliki atau hendak mereka beli. Konsep personalisasi dan konsultasi yang diberikan dalam TETRA X CHANGE telah memudahkan member untuk dapat bertanya kepada para analis terhadap peluang naik dan turunnya sebuah saham," kata CEO Teman Trader Luke Syamlan dalam keterangan (27/12).

Diklaimnya, saat ini analisa yang dikeluarkan oleh TETRA X CHANGE memiliki akurasi winning rate 64% dimana setiap 100 saham yang direkomendasikan memiliki chance 64% mencapai angka target penguatannya dengan rata rata holding sekitar 9 hari. Semua informasi ini disampaikan secara harian sebelum market di buka dan selama masa transaksi bursa selalu diberikan perkembangan terbaru dari pantuan para analis TEMAN TRADER.  

Aplikasi ini juga memungkinkan member untuk membuat SAHAM FAVORIT sehingga bila ada informasi terkini dari saham tersebut yang dipantu oleh analis untuk action Jual atau Beli bisa langsung mendapatkan notifikasi secara personal di perangkat handphone nya. Sehingga cocok dipergunakan oleh Investor yang tidak bisa memantau semua sahamnya terus menerus.  

Selain itu TEMAN TRADER juga memberikan fasilitas edukasi online melalui webinar yang dapat diakses oleh member dengan menggunakan tools GETRESPONSE. Setelah pelaksanaan webinar member dapat mendownload video edukasi tadi sehingga bisa kembali dipelajari saat santai di rumah dan di kantor.

Konsep konsultasi berbayar yang diberikan oleh TEMAN TRADER lewat aplikasi TETRA X CHANGE ini telah menjembatani kepentingan investor atas analisa saham yang independen, transparan  dan professional dengan biaya sangat terjangkau sebesar Rp 150.000 per bulannya atau tidak lebih dari Rp 5000 per hari.

TEMAN TRADER saat ini tergabung sebagai perusahaan rintisan yang dibina oleh IDX INCUBATOR yaitu program  inkubasi bisnis rintisan yang dimiliki oleh PT Bursa Efek Indonesia.

Sejak bulan Oktober 2017, IDX INCUBATOR telah memberikan fasilitas dan akses kepada TEMAN TRADER untuk dapat memberikan progam informasi, edukasi dan rekomendasi yang mendukung program YUK NABUNG SAHAM dari Bursa Efek Indonesia.

Salah satu wujudnya adalah adanya TETRA 40 yang merupakan 40 saham pilihan untuk investasi  yang sengaja dipilihkan oleh team analis TEMAN TRADER sehingga bisa memberikan hasil yang optimal untuk para investor. 40 saham pilihan itu diantaranya Telkom, Bank BNI, Bank BRI, MEDCO, dan ELNUSA.

Melalui TETRA X CHANGE diharapkan bisa mempersiapkan investor saham Indonesia yang memiliki ilmu dasar dan teknik  analisa yang baik sehingga bisa mendapatkan profit yang optimum dari bursa saham Indonesia. Aplikasi ini semacam “baby sitting” untuk investor  sehingga nantinya mereka dapat menjadi investor yang mandiri dalam melakukan analisa sebelum mengambil keputusan jual beli saham nya di IDX (Bursa Saham Indonesia)

Saat ini aplikasi sudah bisa didownload di Google Playstore untuk perangkat Android, sedangkan untuk perangkat berbasis iOS akan segera diluncurkan setelah proses approval dari AppStore dikeluarkan. Namun bagi yang hendak mencoba layanan ini selama 7 hari bisa mengakses melalui mobile browser pada alamat https://personal.temantrader.com.(ak)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories