Ini dukungan yang dibutuhkan bagi ekonomi digital

16:04:27 | 19 Okt 2017
Ini dukungan yang dibutuhkan bagi ekonomi digital
JAKARTA (IndoTelko) -  Indonesia terus memperlihatkan peningkatan di bidang digital ekonomi yang dapat memberikan manfaat bagi bisnis dan pengguna akhir secara nasional.

Menurut Chief Information Security Officer Midtrans Hana Abriyansyah Indonesia sebagai negara yang muncul sebagai kekuatan baru dalam bidang teknologi, dimana perkembangan startup terihat signifikan dan memberikan impact serta menciptakan potensi pasar yang besar.

“Pemerintah Indonesia harus mendukung infrastruktur, regulasi dan pendidikan terkait ekonomi digital untuk memastikan bahwa kita sebagai bangsa telah siap untuk masuk ke dalam tren teknologi digital secara global. Kedaulatan siber akan membantu kita (red: Indonesia) untuk memperkuat keamanan siber, infrastruktur teknologi dan digital ekonomi,” lanjut Abriyansyah dalam keterangannya, Kamis (19/10).

Presiden Direktur Segen Medical Nasional Freidrik Nainggolan mengatakan industri vertikal seperti layanan kesehatan akan mendapatkan manfaat dari ekonomi digital. Teknologi terkini dalam bidang digital akan membawa manfaat besar pada berbagai industri, menghemat waktu, uang dalam bidang layanan kesehatan profesional.

Dengan jumlah medical specialists seperti Radiologist dan Cardiologist di Indonesia yang masih terbatas, tentu sulit untuk meghadirkan layanan kesehatan yang berkualitas secara maksimal untuk seluruh rakyat Indonesia, terutama bagi mereka yang berada di daerah terpencil.

Telemedicine dapat meningkatkan layanan kesehatan secara signifikan, memberikan layanan berkualitas bagi pasien da dapat menekan biaya bagi penyedia layanan kesehatan karena beberapa tugas mereka dapat terautomatisasi.

"Cloud akan memberikan manfaat yang besar untuk layanan kesehatan di indonesia dan dapat diakses oleh banyak dokter dan spesialis. Itu juga berarti para penyedia layanan kesehatan dapat memperluas bisnis layanan mereka dan menyediakan aplikasi dengan cepat tanpa terlalu memikirkan pembangunan infrastruktur yang berbiaya cukup besar,” katanya.

CTO First Media/Link Net Desmon Poon bagi industri media, digitalisasi membawa perubahan dalam strategi dapat berdampak pada peningkatan Customer Experience.

“Dengan semakin banyaknya konten yang diminati dan semakin tingginya koneksi internet, data analytics yang ada saat ini dapat membantu penyedia jasa layanan dan broadcasters dengan insight baru untuk melihat tingkah laku pelanggan. Hal ini dapat dikombinasikan dengan metadata yang sangat besar yang dapat membantu peningkatan konten. Hal ini juga menjadi isu dalam konektivitas broadband, dimana insights pada lalu lintas internet dapat membantu mengidentifikasi isu kecenderungan kinerja jaringan internet," ujar Poon.(wn)

Artikel Terkait