telkomsel halo

Telkom dan Lockheed Martin pantau terus satelit Telkom 1

11:46:36 | 04 Sep 2017
Telkom dan Lockheed Martin pantau terus satelit Telkom 1
Teknisi Telkom terus lakukan repointing VSAT pelanggan satelit Telkom 1 pasca anomali yang dialami infrastruktur itu di angkasa pekan lalu (ist)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) dibantu Lockheed Martin masih mengendalikan dan memantau terus perkembangan satelit Telkom 1 pasca anomali yang dialami infrastruktur itu pekan lalu.

“Lockheed Martin sebagai manufaktur dari satelit Telkom 1 memberikan dukungan penuh bagi Telkom dalam upaya mengendalikan dan menganalisa yang terjadi ke Telkom 1 pasca anomali Jumat (25/8) hingga sekarang,” tegas VP Corporate Communication Telkom Arif Prabowo dalam rangka "Daily Update Recovery Layanan Pelanggan Telkom 1"  di Jakarta, Senin (4/9).

Dikatakannya, satelit Telkom 1 sejauh in masih merespons perintah dari stasiun pengendali milik Telkom di Cibinong dan memberikan sinyal telemetri. “Dukungan penuh dari Lockheed Martin menunjukkan manufaktur ini memiliki hubungan kerjasama yang baik dengan Telkom,” pungkasnya. (Baca: Anomali Telkom)

Secara terpisah, Ketua Asosisasi Satelit Seluruh Indonesia (ASSI) Dani Indra Widjanarko mengungkapkan dalam beberapa bulan belakangan banyak terjadi anomali terhadap satelit di angkasa dan beberapa diantaranya melibatkan buatan Lockheed Martin.

Beberapa anomali dalam waktu berdekatan diantaranya terjadi pada satelit AMC-9 buatan Alcatel Space (Thales) yang diluncurkan 2003. Satelit NSS 806 (d/h IS-806), buatan Lockheed Martin diluncurkan 1998. Satelit Echostar-3 buatan  Lockheed Martin diluncurkan 1997, dan Intelsat 33 buatan Boeing diluncurkan Agustus 2016. (Baca: Anomali Satelit)

Ada bermacam-macam penyebab terjadinya anomali satelit seperti solar flare dan radiasi sinar cosmic. Penyebab anomali sebenarnya bisa diteliti dari data-data telemetri yang rutin diterima dari satelit.

"Penyebab anomali bisa bermacam-macam, biasanya bahan bakar habis, baterai rusak, solar array (kumpulan panel, modul, dan sel solar) yang tidak bisa berputar, sistem thruster tidak bekerja, sistem guidance tidak bekerja dan lain sebagainya," pungkasnya.

Sebagaimana diinfokan sebelumnya bahwa pada hari Jumat (25/08) sekitar pukul 16.51 WIB mulai terjadi anomali pada satelit Telkom 1 yang berakibat pada pergeseran pointing antena satelit Telkom 1 sehingga layanan transpondernya terganggu.

Sejak itu, secara intensif Telkom bersama Lockheed Martin selaku pabrikan satelit Telkom 1 terus melakukan investigasi untuk mengetahui kesehatan satelit tersebut secara komprehensif.(id)

Simak video upaya Telkom lakukan pemulihan layanan pelanggan satelit Telkom 1

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year