telkomsel halo

Sudah 1.500 UKM go online bersama Kominfo dan BLANJA.com

13:15:33 | 10 Aug 2017
Sudah 1.500 UKM go online bersama Kominfo dan BLANJA.com
Suasana roadshow BLANJAjemputUKM.(Foto:Istimewa)
JAKARTA (IndoTelko) - Aksi Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggandeng marketplace Blanja.com, Asosiasi Ecommerce Indonesia (idEA), dan sejumlah Pemerintah Daerah menggelar Road to 8 juta UKM pada tahun 2020 membuahkan hasil positif.

Langkah awal dari program tersebut adalah Kominfo, idEA, dan BLANJA.com bersinergi untuk Satu Juta UKM Go Online melalui roadshow ke beberapa kota di Indonesia. Semarang, Tanjung Pandan Belitung, Cimahi, Bandung Barat, dan Jambi adalah kota-kota yang telah selesai disambangi program ini.

Hasilnya, dari lima kota tersebut, sudah ada kurang lebih 1.500 UKM lokal yang siap Go Online. Ke depannya, sinergi ini akan terus menyasar kota-kota lainnya di Indonesia. Edukasi dan pelatihan ini juga mendapatkan dukungan penuh dari pemerintahan setempat.

Direktur Pemberdayaan Informatika Septriana Tangkaryvmenyatakan Indonesia memiliki 57,9 juta pelaku UKM. "Pelaku UKM dipilih sebagai representasi ekonomi rakyat dikarenakan dapat menyerap tenaga kerja hampir 90% serta memberikan kontribusi sebesar 58% pada produk Domestik Bruto Nasional," katanya.

“Melalui sinergi Edukasi UKM Go Online ini, kami berharap UKM bukan hanya akan menjadi pedagang online akan tetapi juga pebisnis online, sehingga komitmen pemerintah dengan program 1 juta UKM dapat memberikan dampak yang optimal terhadap perekonomian daerah,” tambah Vice President BLANJA.com Fikri.

Dikatakannya, sebagai marketplace hasil kolaborasi strategis Telkom Indonesia dan eBay, BLANJA.com dinilai menjadi platform online terbaik bagi ribuan UKM yang saat ini masih memiliki keterbatasan infrastruktur dalam memasarkan produk-produk mereka baik dalam skala nasional maupun Internasional.

Mengusung tagline “#BLANJAjemputUKM” untuk roadshow ini, BLANJA.com berharap UKM bisa #BeraniMulai memasuki platform online untuk memasarkan produk-produk Asli Indonesia yang berpotensi besar untuk meningkatan ekonomi nasional.

Sudah 1.500 UKM go online bersama Kominfo dan BLANJA.com

“Kami memfasilitasi dan mengedukasi para UKM tentang cara membuat toko online hingga bagaimana cara mengelolanya. Tak hanya itu, kami juga mempraktikan langsung cara foto produk yang baik agar produk mereka dapat bersaing,” kata Fikri.

Tak hanya itu, saat ini BLANJA.com sedang dalam tahap menyeleksi dan menyiapkan beberapa UKM terbaik yang akan dibawa ke pasar Internasional melalui platform eBay. Semoga hal ini menjadi motivasi bagi UKM yang sudah online untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya untuk Go Internasional.(ad)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year