telkomsel halo

April, Marketplace ITX akan komersial

05:15:13 | 08 Mar 2017
April, Marketplace ITX akan komersial
Direktur Wholesale & International Service Tekom, Honesti Basyir (kanan) mendampingi Menpar Arief Yahya (tengah) kala menjajal marketplace ITX pada 2016 lalu (dok)
JAKARTA (IndoTelko) - Indonesia Tourism eXchange (ITX), sebuah platform digital marketplace yang mengintegrasikan seluruh ekosistem pariwisata secara menyeluruh akan komersial penuh pada April mendatang.

"Hingga kuartal pertama 2017 ini kita sudah komersial di internal Telkom. Pada kuartal kedua akan dikomersialkan penuh," ungkap CEO Telkomsigma Judi Achmadi, belum lama ini.

ITX pertama kali diperkenalkan secara langsung oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kementerian Pariwisata RI III pada September 2016.

Secara umum platform ITX bertindak sebagai penghubung antara seller (seperti Kawasan wisata,, hotel, penyedia layanan transportasi, penyelenggara event dan lainnya) dengan buyer (travel agent dan tour operator).

Baik seller maupun buyer dari berbagai segmen dapat bergabung dan menjalankan kegiatan bisnisnya secara online di ITX.

Ada 3 kelebihan yang dimiliki platform ITX, yakni comprehensive, cost effective dan customer experience. ITX dinilai comprehensive sebagai platform yang menggabungkan seluruh ekosistem pariwisata baik makro maupun mikro dengan berbagai skala bisnis secara online (Tourism Open Market Place).

Hal ini menjadikan kegiatan bisnis berjalan lebih efektif dan efisien, termasuk dalam aspek biaya (cost effectiveness). Dengan sistem berbasis online yang konsisten dan proses yang secure, ITX memberikan customer experience baru dan kenyamanan bagi seluruh penggunanya. (Baca: ITX Marketplace)

Telkomsigma lumayan serius mengembangkan ITX marketplace, salah satunya dengan mengakuisisi penuh  Pointers. "Kita belum pasang target pendapatan dari ITX. Tahun ini ditargetkan 5% dari sini. Fokus pertama adalah membangun ekosistem dan awareness-nya," kata Judi.(id)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year