Paket Phoenix
Paket Phoenix
telkomsel halo

Bukareksa akan ekspansi ke versi mobile

11:16:24 | 19 Jan 2017
Bukareksa akan ekspansi ke versi mobile
Seremoni peluncuran Bukareksa(Foto:Bareksa)
Angkasa Pura 2
telkomtelstra januari - maret
JAKARTA (IndoTelko) – Bukalapak akan mengembangkan fitur Bukareksa dari versi desktop untuk dapat diakses melalui mobile-site dan aplikasi marketplace tersebut.

Founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky menjelaskan fitur BukaReksa saat ini hanya dapat diakses di Bukalapak melalui desktop saja.

“Fitur BukaReksa ini sudah tayang di website Bukalapak dan mendapat respons positif, di mana dalam kurun waktu kurang dari dua minggu sudah mendaftar 5.600 investor baru dan melakukan transaksi. Ke depan, fitur ini akan terus disempurnakan sehingga dapat diakses melalui mobile-site dan aplikasi Bukalapak,” katanya di Jakarta, Kamis (19/1).

BukaReksa merupakan fitur terbaru di Bukalapak yang menyediakan sarana berinvestasi reksa dana secara online dan aman. Reksa dana merupakan jenis investasi yang sedang didorong pemerintah, karena memiliki risiko relatif rendah.

Namun demikian, menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jumlah investor reksa dana di Indonesia masih tergolong kecil, hanya sekitar 340.000—jauh ketinggalan dibandingkan negara-negara tetangga.

Untuk memperdalam tingkat penetrasi reksa dana diperlukan berbagai program edukasi dan membuka kemudahan akses lewat pemanfaatan teknologi digital. Untuk itulah BukaReksa hadir, atas gagasan Bukalapak dan Bareksa.

Menurut data OJK, per Desember 2016 total kelolaan (asset under management, AUM) industri reksa dana di Indonesia sebesar Rp338,6 triliun. Dibandingkan dengan nilai Produk Domestik Bruto (PDB) tahun 2015 yang sebesar Rp11.540,8 triliun, nilai tersebut hanya 2,93 persennya saja. Jumlah investor reksa dana di Indonesia pun masih relatif sedikit. Per 26 Agustus 2016 jumlah investor reksa dana baru tercatat 340.869, atau hanya sekitar 0,13 persen dari total populasi Indonesia.

Paket Phoenix
Komisioner Otoritas Jasa Keuangan yang membidangi pasar modal, Nurhaida mengatakan OJK akan selalu mendukung penuh setiap terobosan pemanfaatan teknologi seperti ini. “Teknologi internet perlu terus kita manfaatkan untuk memperluas jangkauan (reach) investasi di Indonesia, termasuk untuk menggencarkan edukasi investasi reksa dana di masyarakat kita,” katanya.

Co-Founder dan Chairman Bareksa  Karaniya Dharmasaputra menjelaskan fitur BukaReksa merupakan terobosan yang baru pertama kali terjadi di industri keuangan di Indonesia. Di mana terjadi kolaborasi dan sinergi antara perusahaan eCommerce seperti Bukalapak dengan perusahaan fintech dan financial marketplace seperti Bareksa. (Baca: Bukareksa)

“Terobosan serupa sangat berhasil di Tiongkok, di mana terjadi sinergi serupa antara Alibaba dan Yu’e Bao,” kata Karaniya.(wn)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
telkom sigma
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom Digital Solution
Kuota Ketengan
More Stories
Data Center Service Provider of the year
Kuota Ketengan