Telkom Dukung Implementasi Smart City di Takalar

11:30:38 | 23 May 2016
Telkom Dukung Implementasi Smart City di Takalar
Suasana persemian komitemen Desa Pintar bagi Takalar (dok)
TAKALAR (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) siap mendukung rencana Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, menjalankan smart city untuk meningkatkan pelayanan ke masyarakatnya.

“Telkom dan Takalar ini ada romantisme. Pada 2001 kami mendukung Kabupaten Takalar menerapkan Sistem Informasi Manajemen pada Kantor UPT (SIMTAP). Sekarang di bawah kepemimpinan Bupati Takalar Dr. Burhanudin SE, MSi, daerah ini menjalankan Kampung UKM Digital True Broadband pertama di Indonesia. Tentu saja rencana smart city di Takalar kita dukung penuh,” tegas Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaluddin kala meresmikan Kampung UKM Digital yang didukung Telkom dengan akses internet up to 100 Mbps di Takalar, Jumat (20/5).

Dikatakannya, infrastruktur milik Telkom siap menghubungkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Takalar dengan serat optik agar smart city bisa mulus. “Kami juga siap dengan Living Lab Smart City Nusantara agar Pemkab Takalar bisa memilih aplikasi mana yang cocok dijalankan di daerahnya. Semua aplikasi smart city milik Telkom 100% buatan anak negeri. Ini Bakti Telkom Bagi Negeri,” katanya. (Baca juga: Smart city Nusantara)

Lebih lanjut diungkapkannya, pasar government salah satu menjadi titik perhatian Telkom dalam pertarungan menjadi jawara di High end market yang mulai digerogoti oleh pesaing. “Kami triwulan pertama 2016 tumbuh 54% di high end market hasil konsolidasi antara unit bisnis Telkom dengan anak usaha melayani pasar ini. Kita tumbuh di atas rata-rata industri untuk triwulan pertama 2016 yang 14%,” paparnya. (Baca juga: Kampung UKM Digital Takalar)

Sementara Bupati Takalar Dr. Burhanudin SE, MSi. mengatakan akan menyambungkan 43 pengelolaan perizinan dengan menggunakan jaringan milik Telkom di daerahnya. “Kita ingin pengelolaan keuangan daerah yang lebih transparan. Karena itu manfaatkan Teknologi Informasi,” tutupnya.(id)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories