telkomsel halo

Inilah Tren Pekerjaan Selama Kuartal I 2016

10:15:15 | 28 Apr 2016
Inilah Tren Pekerjaan Selama Kuartal I 2016
Infografis oleh Jora Indonesia
JAKARTA (indoTelko) Di era digital seperti sekarang ini, informasi mengenai lowongan kerja semakin mudah untuk didapat. Lantas bagaimana tren pekerjaan di Indonesia pada kuartal pertama 2016?

Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh Jora Indonesia (id.jora.com), agregator yang menampilkan informasi lowongan kerja dari halaman karir perusahaan dan situs-situs lowongan kerja, pekerjaan yang paling banyak dicari adalah administrasi,accounting, driver, SMA &SMK, dan Bank.Sementara itu, lokasi pekerjaan paling banyak dicari adalah Jakarta, Surabaya, Bandung, Jogja, dan Bekasi.

Informasi tersebut disusun berdasarkan data pencarian dari kata kunci yang dipakai pengguna disitus Jora Indonesia selama triwulan pertama dari bulan Januari-Maret 2016.

Hingga akhir Maret 2016, Jora Indonesia menampilkan sekitar 60 ribu lowongan kerja dari sekitar 400 situs lowongan kerja dan halaman karir perusahaan.Sementara total kunjungan ke situs Jora Indonesia mencapai sekitar90.000 sesi.

Berikut daftar pekerjaan yang informasinya paling banyak dicari oleh pengguna:

1.            Administrasi (dicari sebanyak 8% pengguna)

2.            Accounting (6%)

3.            Driver (5%)

4.            Bank (4%)

5.            SMA &SMK (3%)

Sementara itu 5 lokasi pekerjaan paling banyak dicari adalah:

1.            Jakarta (dicari sebanyak 23% pengguna)

2.            Surabaya (8%)

3.            Bandung (6%)

4.            Jogja (5%)

5.            Bekasi (4%)

“Tingginya pencarian dengan kata kunci driver serta SMA & SMK menunjukkan bahwa pencari kerja di Indonesia juga banyak dari kalangan informal atau tidak memiliki gelar”, kata Country Manager Jora untuk Indonesia Rizka Tsalasi dalam rilisnya, Kamis (28/4).

Sebagai aggregator, Jora Indonesia menampilkan bebagai lowongan kerja baik untuk profesional maupun non gelar. Pengguna Jora cukup mengetikkan kata kunci apa saja di kotak nama pekerjaan (misalnya sma, smk, IT, editor, magang, hotel, dsb), dan pengguna sudah bisa menemukan informasi lowongan kerja.

“Jora Indonesia menawarkan layanan satu atap agar pencari kerja yang tidak perlu repot membuka situs lowongan kerja satu persatu lagi, “tambah Rizka.

Saat ini layanan Jora Indonesia tersedia gratis melalui aplikasi Android dan iOS. Selain itu, Jora juga membuka kesempatan bagi perusahaan untuk memposting lowongan kerja gratis di Jora.

“Semua lowongan di Jora diverifikasi setiap hari. Jika ada lowongan yang mengandung spamakan segera dihapus”, tutup Rizka.

Jora sendiri merupakan perusahaan rintisan asal Australia yang baru diluncurkan dalam Bahasa Indonesia bulan Januari lalu. Hingga saat ini Jora menyediakan informasi lowongan kerja di 16 negara yang dapat diakses gratis.(pg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year