telkomsel halo

Apkomindo: TKDN jangan Hanya untuk Smartphone

09:28:34 | 04 Apr 2016
Apkomindo: TKDN jangan Hanya untuk Smartphone
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) meminta aturan terkait Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) tak hanya berlaku untuk smartphone 4G, tetapi juga laptop dan notebook.

“Ini kami sudah lama suarakan. Kita ingin gelorakan lagi mumpung sedang dbahas itu perhitungan TKDN untuk smartphone 4G. Manufaktur lokal sudah siap juga kok dukung notebook atau laptop sesuai TKDN,” tegas Ketua Umum Apkomindo Soegiharto Santoso, kepada IndoTelko melalui pesan singkat, Senin (4/4).

Menurutnya wajar jika TKDN diberlakukan untuk notebook atau laptop karena sekarang merek global kian menggurita di Indonesia dan telah menggerus beberapa brand lokal seperti Axioo dan Zyrek. (Baca juga: TKDN Smartphone)

Disarankannya, jika pemerintah menerapkan TKDN sebesar 20% tahun ini dan sekitar 30% pada awal 2017 untuk smartphone 4G, maka di notebook cukup 10%. “Ini melihat kondisi komponen lokal,” katanya.

“Tujuan akhirnya kan sama, menekan impor. Ini merek global sudah dominan, artinya impor besar dan ikut menyumbang defisit neraca perdagangan. Kalau ada TKDN, minimal merek lokal terlindungi dan lapangan kerja terbuka,” pungkasnya.(id)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
Telkom DES
More Stories
Data Center Service Provider of the year