telkomsel halo

Kerjasama Acer dan Microsoft

Dorong UMKM Jawa Timur Majukan Bisnis via IT

10:39:25 | 16 Mar 2016
Dorong UMKM  Jawa Timur Majukan Bisnis via IT
Edukasi Ala Acer (foto : dok)
JAKARTA  (IndoTelko) – Dalam rangka mendukung mobilitas dan produktivitas pelaku Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM), Acer secara konsisten telah sejak lama memperkenalkan beberapa lini produk terbarunya. 

Salah satunya notebook 2-in-1  dengan kemampuan beragam dan value terbaik di kelasnya.  Bahkan keberadaan notebook ini disesuaikan dengan kebutuhan pelaku bisnis mikro.

Sebagai bagian dari edukasi dan pemberdayaan pemanfaatan teknologi informasi (TI) kepada pelaku UMKM, khususnya di Jawa Timur, baru-baru ini Acer dan Microsoft, bersama-sama membantu memecahkan masalah dan hambatan yang dihadapi UMKM. 

Hal ini untuk meningkatkan daya saing dan menumbuhkan bisnis usaha mereka dengan menghadirkan platform teknologi yang mudah digunakan yaitu Windows 10 Pro dan perangkat notebook 2-in-1  multifungsi.

Hingga kini jumlah UKM di Jawa Timur, menurut data Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur (2015), tercatat ada 6.852.931 unit dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 11.117.439. Dari jumlah itu usaha mikro mendominasi sebanyak 6.533.694 atau sebanyak 95,72 persen, dengan hampir separuh lebih mengusung gaya kerja mobile

Menurut Head of Product Acer Indonesia, Riko Gunawan TI memegang peranan utama dalam membantu pelaku UMKM untuk melakukan transformasi bisnis secara cepat. Kami mengambil inisiatif untuk mendekatkan diri kepada pelaku UMKM dengan menghadirkan jajaran notebook 2-in-1 yang dirancang untuk usaha kecil melayani semua kebutuhan dan menawarkan ketenangan kepada mereka dengan fitur keamanan unggulan,” katanya.

Dijelaskan Riko, beberapa fitur unggulan notebook tersebut antara lain kemampuan multitasking untuk berhubungan dengan pelanggan dimana saja kapanpun dan menjangkau pasar lebih luas. 

Dukungan windows 10 memungkinkan pengguna untuk selalu terhubung dengan cloud dan internet, memiliki tingkat keamanan tinggi, memangkas biaya usaha,  sehingga mendorong terjadinya sistem kerja kolaboratif yang dapat membantu UMKM untuk mempercepat pertumbuhan bisnis dan berdaya saing menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Sementara, Windows Business Group Lead,Microsoft Indonesia Linda Dwiyanti mengatakan bahwa pertumbuhan UKM di Indonesia saat ini meningkat pesat dan memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan bagi negara. 

Menurut Linda, sebuah riset juga terungkap rata-rata mayoritas UKM di Indonesia mengusung gaya kerja mobile, sehingga kebutuhan terhadap perangkat yang dapat mendukung gaya kerja tersebut meningkat pesat.  

 “Kami memahami apa yang menjadi pertimbangan bisnis, termasuk UKM dalam memilih perangkat yang sesuai. Bersama dengan Acer dan mitra lainnya, kami menggelar Microsoft Device Days, sebuah kegiatan sosialisasi bagi 100 retailers Microsoft di dua kota di Indonesia, yakni Jakarta dan Surabaya sehingga pelaku UMKM dapat melihat dan merasakan langsung manfaat dari perangkat-perangkat Windows 10 tersebut,”  jelasnya. (sg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year