Telkom Dukung Mentawai Smart Island

10:37:13 | 14 Mar 2016
Telkom Dukung Mentawai Smart Island
GM Witel Telkom Sumbar Muskab Muzakkar (Batik biru) dan pejabat Mentawai (dok)
PADANG (IndoTelko) – PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) siap mendukung Pemerintah Kabupaten Mentawai menjadi smart island dengan menggelar jaringan broadband di kepulauan tersebut.

“Kami serius menjadikan Sumbar Nagari Cyber. Beberapa Kabupaten di Sumatera Barat (Sumbar) sudah kita dukung kegiatan Smart City-nya. Sekarang kita tengah jajaki dengan kepulauan Mentawai,” ungkap GM Witel Telkom Sumbar Muskab Muzakkar kepada IndoTelko melalui sambungan telepon, Senin (14/3).

Diungkapkannya, untuk mendukung Mentawai menjadi Smart Island, Telkom menyediakan infrastruktur jaringan Internet dengan kecepatan 120 Mbps untuk 17 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). (Baca juga: Sumbar Nagari Cyber)

“Kami sedang negosiasi untuk implementasi aplikasi e-tourism dengan Bapak Bupati Mentawai,” tambahnya.

Ditambahkannya, daerah lainnya di Sumbar yang didukung implementasi Smart City adalah Kota Pariaman dengan penyediaan internet untuk30 SKPD dengan total bandwidth: 50 Mbps. Saat ini Telkom tengah negosiasi implementasi aplikasi e-government dengan pemerintah Kota Pariaman.

“Kami juga sudah jalan di Kota Payakumbuh, dimana infrastruktur internet kita digunakan untuk  koneksi antar 30 SKPD dengan total bandwidth: 50 Mbps. Saat ini sedang proses negosiasi untuk aplikasi e-government dan penyediaan WiFi di ruang public secara gratis di 10 titik di taman kota. Kota lain yang sedang negosiasi untuk implementasi Smart City adalah Tanah Datar,” pungkasnya. (Baca juga: Telkom dukung Smart City di Pariaman)

Sebelumnya, Direktur Enterprise dan Business Service Telkom Muhammad Awaluddin menegaskan, perseroan memang akan melakukan monetisasi program Indonesia Digital Government (INDIGOV) yang fokus pada pembangunan Digital Broadband Access di seluruh kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. (Baca juga: Telkom hadirkan Lab Smart City)

Telkom pun telah membangun Living Lab Smart City Nusantara  dalam rangka mewujudkan percepatan implementasi Teknologi Informasi bagi pemerintah daerah di Indonesia yang cerdas.(wn)

Artikel Terkait
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories