telkomsel halo

Wego Keciprat Angpau Imlek

05:20:15 | 02 Feb 2016
Wego Keciprat Angpau Imlek
Ilustrasi (dok)
SINGAPURA (IndoTelko) - Wego.com, situs pencari wisata terdepan di Asia Pasifik dan Timur Tengah, mengungkap fakta tentang anggaran liburan Imlek di kota-kota besar Asia.

“Nilai booking rata-rata tiket pesawat dan hotel di Wego.com tahun ini lebih besar dibanding tahun lalu. Ini mengindikasikan bahwa pejalan mengalokasikan dana lebih banyak untuk jalan-jalan saat Tahun Baru Imlek, dibanding saat liburan lainnya tahun ini,” ungkap Market Development Manager, Asia Utara James Huang dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Menurutnya, Tahun Baru Imlek adalah momen tahunan yang paling banyak dirayakan di Asia.

“Momen ini adalah kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga, bisa dengan pulang ke kampung halaman, atau liburan spesial bersama keluarga besar. Beberapa kota menunjukkan pengeluaran besar untuk momen liburan Imlek tahun ini,” lanjut Huang.

Diungkapkannya, nilai booking tertinggi, baik untuk tiket pesawat dan hotel, terlihat dari pejalan Hong Kong, dengan kenaikan sebanyak 10% dibanding tahun lalu. Taiwan dan Malaysia juga menunjukkan hal serupa dengan kenaikan anggaran jalan-jalan sebesar 8% tahun ini.

Mayoritas pengeluaran pejalan Asia dialokasikan untuk penginapan. Hal itu terlihat dari kenaikan sebesar 20% untuk pengeluaran hotel selama periode liburan Tahun Baru Imlek, dan sedikit kenaikan pada tiket pesawat.

“Analisis tahunan kami mengungkap bahwa lebih dari 70% pasar wisata Asia menganggap tiket pesawat murah adalah faktor terpenting yang menentukan keputusan membeli, dengan 20%  lainnya memilih penerbangan langsung sebagai faktor utama, dan kurang dari 10%  menganggap faktor maskapai sebagai yang terpenting,” katanya.

Sebanyak lebih dari 78% pejalan Asia, khususnya Tiongkok, berkata bahwa faktor terpenting dalam memilih hotel adalah lokasi. Sedangkan 67%  lebih berpendapat bahwa ulasan positif tentang internet hotel punya andil lebih besar dibanding faktor harga (40%) dalam menentukan keputusan pembelian.

“Temuan ini menunjukkan bahwa pasar pejalan Asia mengharapkan lebih dari pihak hotel dalam hal syarat dan ketentuan, serta memberi tamu kebebasan memilih fasilitas ekstra. Di samping harga tiket pesawat sebagai elemen kunci, penawaran spesial yang memberi tamu pengalaman unik akan menguntungkan popularitas maskapai,” katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, pada 2015, Wego melihat lonjakan dalam tren pemesanan impulsif pada momen libur Tahun Baru Imlek di Wego.com, juga durasi liburan yang lebih panjang, terutama di Tiongkok sendiri.

Tren ini juga terjadi di negara Asia lain yang merayakan Tahun Baru Imlek, seperti Malaysia dan Singapura, namun fase terpendek datang dari Indonesia dengan rata-rata pemesanan 40 hari sebelum keberangkatan. Popularitas dan jeringan luas maskapai low-cost di Indonesia memang lebih fleksibel untuk tipe pejalan impulsif.  

Huang juga menjelaskan soal perilaku pemesanan melalui smartphone yang mengalami perubahan. Sebanyak lebih dari 50% perencanaan liburan Imlek dilakukan via mobile. “Pengguna Wego merespons positif soal pemesanan lewat smartphone, dengan total 50% sampai ke tahap pembelian jika harga sesuai anggaran,” katanya.(wn)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year