telkomsel halo

Telkomsel (Kembali) Revitalisasi TCASH

14:27:53 | 15 Okt 2015
Telkomsel (Kembali) Revitalisasi TCASH
Menkominfo Rudiantara (ketiga kanan) dan manajemen Telkomsel memperkenalkan New TCASH (dok.TSEL)
JAKARTA (IndoTelko) – Jangan Menyerah. Kutipan lirik lagu dari sebuah band terkenal di kalangan remaja beberapa tahun lalu ini layak disandangkan ke Telkomsel dalam mengembangkan layanan uang elektronik, TCASH.

Terkenal sebagai pionir penyediaan layanan uang elektronik (eMoney) dari kalangan operator telekomunikasi, kali ini Telkomsel menawarkan New TCASH yang dibekali teknologi Near Field Communication (NFC) yang dinamakan TCASH TAP.

Hal ini akan memberikan kemudahan dan pengalaman unik kepada pelanggan dalam melakukan transaksi. Layanan ini dapat digunakan di semua jenis ponsel baik feature phone maupun smartphone.

Penggunaan layanan ini amat mudah, cukup dengan menempelkan sticker NFC ke ponsel, mengaktifkan layanan, dan pelanggan dapat melakukan ‘TAP’ di mesin NFC merchants. Transaksi TCASH pun sangat aman karena menggunakan PIN 6 digit PIN.

Beberapa merchant ternama yang telah menggunakan layanan TCASH diantaranya Coffee Bean, Baskin Robbins, Wendy’s, McDonald’s, Bakmi GM, 7Eleven, Indomaret dan Cinema XXI.

Pada saat ini di Jabodetabek  TCASH TAP telah diterima di lebih dari 1,000 outlets merchant dan kedepannya akan dikembangkan ke kota-kota lain hingga dapat menjangkau secara nasional.

TCASH hadir pertama kali pada 2007 dan sejak diluncurkan memiliki mimpi besar sebagai pemain micro payment di Indonesia. Namun, dalam perjalanan, produk ini seperti aksesori di ponsel  pelanggan ketimbang kebutuhan utama.

“New TCASH menunjang gaya hidup digital pelanggan dan juga mendukung pemerintah Indonesia di dalam membangun GNNT dan mempercepat inklusi keuangan. Pada waktunya kami juga berharap dapat mengembangkan TCASH, sebagai layanan keuangan yang lebih luas dari fasilitas pembayaran, melalaui kerjasama dengan bank,” kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah di Jakarta, Kamis (15/10).

Menurutnya, TCASH sebagai produk uang elektronik akan dapat memberikan akses keuangan yang nyaman ke berbagai kalangan masyarakat dari perkotaan ke pedesaan,  termasuk masyarakat yang belum terlayani oleh lembaga keuangan resmi (unbanked).

Sebagai operator selular terbesar di Indonesia dengan jangkauan yang luas hingga ke lebih dari 95% populasi, Telkomsel yakin dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk membuat visi pemerintah menjadi kenyataan.

Saat ini Telkomsel memiliki lebih dari 149 juta pelanggan dan 400.000 jaringan distribusi. Hal ini menjadikan Telkomsel sebagai operator seluler yang memiliki potensi besar untuk menjangkau berbagai tingkatan masyarakat di berbagai wilayah.

Dengan kelebihan yang dimiliki, Telkomsel percaya TCASH dapat membantu program pemerintah. Saat ini Telkomsel bekerja sama dengan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) untuk mengeksplorasi kelayakan teknologi NFC yang digunakan TCASH sebagai metode alternatif untuk mekanisme distribusi dana bantuan pemerintah dan subsidi.

Ke depannya TCASH akan dikembangkan untuk layanan lainnya seperti transportasi publik, taksi, parkir dan ke berbagai layanan finansial lainnya.

“Pemerintah membutuhkan terobosan agar penyaluran bantuan sosial dan subsidi lebih efektif dan efisien, sehingga dapat dapat menjangkau masyarakat penerima manfaat dalam jumlah yang tepat, waktu yang singkat dan biaya distribusi yang minimal,” kata Sekretaris Eksekutif TNP2K Bambang Widianto.(tp)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year