telkomsel halo

Berkat XL, Investasi Malaysia Terdongkrak di Indonesia

12:40:22 | 28 Jul 2015
Berkat XL, Investasi Malaysia Terdongkrak di Indonesia
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Investasi besar yang dilakukan PT XL Axiata Tbk (XL) dalam modernisasi jaringan menjadikan Malaysia sebagai negara  di urutan pertama yang paling besar dalam menanamkan modalnya di Indonesia selama semester I 2015.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat Malaysia menanamkan modalnya mencapai US$ 2,6 miliar di Indonesia selama semester pertama 2015. XL adalah operator telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia yang sebagian besar sahamnya dikuasai Axiata dari Malaysia.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengungkapkan nilai investasi dari Malaysia itu sekitar 18,6% dari total penanaman modal asing (PMA) di Indonesia di periode semester pertama 2015 sebesar Rp174,2 triliun atau naik 67,1% dari periode yang sama tahun sebelumnya Rp 150 triliun.

Singapura berada di posisi kedua dengan sebesar US$ 2,3 miliar. Berikutnya, Jepang US$1,6 miliar, disusul Korea Selatan US$ 0,8 miliar serta Amerika Serikat US$ 0,6 miliar.

"Malaysia menempati urutan pertama di keran investasi indonesia semester pertama ini, karena ada realisasi investasi besar-besaran di sektor telekomunikasi," kata Franky.

Selain telekomunikasi, Malaysia juga investasi besar di sektor perkebunan, jalan tol, hingga industri logam di Indonesia.

Dalam catatan, pada tahun lalu belanja modal dari XL Axiata sekitar Rp 7 triliun. Di tahun ini rencananya belanja modal disiapkan sekitar Rp 6,5 triliun untuk mendukung layanan data.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year