telkomsel halo

Mengenal Istilah di Dunia Startup

15:11:45 | 07 Jun 2015
Mengenal Istilah di Dunia Startup
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) –  Siapa pun yang merupakan bagian dari dunia startup akan tahu bahwa ada bahasa tertentu yang tidak biasa bagi orang luar.

Namun, hal ini penting diketahui bagi mereka yang ingin berkecimpung atau terlibat di industri ini. Portal properti Lamudi menerjemahkan 10 istilah-istilah yang paling sering digunakan di industri startup. Hal ini dapat membantu para pengusaha dan pendatang baru industri ini, belajar bagaimana berbicara bahasa startup.
       
Productize
Istilah ini sering terdengar dalam setiap sesi brainstorming, istilah productization merujuk pada pengembangan konsep atau layanan menjadi sebuah produk komersial yang bisa dipasarkan.

Influencer
Influencer adalah para ahli di bidangnya, sering menyuarakan pendapat mereka secara terbuka bagi para followers nya di sosial media, yang biasanya berjumlah besar. Istilah ini sering merujuk kepada mereka yang memiliki sejumlah besar follower online, dan pengaruh yang luas dalam industri tertentu.

UX / UI
UX mengacu pada pengalaman pengguna (user experience), sementara UI adalah desain antarmuka (user interface) yang ditampilkan ke pengguna. Para pelaku di industri ini sering menaruh kedua akronim ini bersamaan ketika berbicara tentang fungsi dan estetika produk tertentu. Bersiaplah untuk mendengar istilah ini ketika berbicara tentang seberapa baik (atau buruk!) tampilan website Anda.

Monetize
Setiap startup kelak ingin menghasilkan uang, jadi jika Anda tidak mendengar kata ini dari sesama pengusaha, hal ini bisa jadi bukan pertanda baik. Monetize/Monetisasi adalah konversi produk, atau aset, menjadi alat pembayaran yang sah. Pada dasarnya, ini adalah cara halus berbicara tentang bagaimana Anda dapat membuat sesuatu yang dapat dikomersilkan.

Inkubator
Inkubator adalah rumah pendukung, di mana startups dapat dipelihara. Kebanyakan inkubator menawarkan saran para ahli, pelatihan serta dukungan keuangan untuk perusahaan muda, serta ruang kantor bagi perusahaan tersebut agar dapat berkembang.

Lokalisasi
Bukan hanya berbicara tentang beradaptasi produk, website, atau kampanye untuk pasar internasional, perusahaan muda dapat ditemukan menggunakan lokalisasi. Proses ini melibatkan perubahan layanan untuk diterapkan dalam budaya atau bahasa yang berbeda untuk pasar tertentu.

Traksi
Atau dengan kata lain, sukses. Jika startup Anda berhasil menghasilkan traksi di industri, berarti itu relevan, siap dipasarkan dan pintu-pintu kesempatan sudah terbuka. Jika Anda telah mencapai tahap ini, ada bukti jelas bahwa produk Anda memiliki peran penting di pasar.

KPI
Key Performance Indicators (KPI) mengukur seberapa efektif perusahaan Anda mencapai tujuanny. Banyak organisasi menggunakan ini untuk memastikan target terpenuhi. Hal ini sangat penting bagi perusahaan muda untuk melacak keberhasilan awal mereka di pasar.

ROI
Return of Investments (ROI) yang tinggi memiliki arti bahwa suatu perusahaan menghasilkan uang di atas biaya investasi. Ini adalah singkatan favorit lainnya bagi para  startup, digunakan untuk mengevaluasi keuntungan dibandingkan dengan modal yang diinvestasikan.

Skalabilitas
Ketika pengusaha berbicara tentang skalabilitas, mereka melihat apakah sistem atau proses memiliki kapasitas untuk mengakomodasi pertumbuhan. Startup paling scalable memiliki potensi untuk tumbuh dan membawa pendapatan yang tinggi, dengan biaya keluar minimal.(pg)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year