telkomsel halo

Alcatel-Lucent dan KT Korea Siap Kembangkan 5G

07:22:28 | 20 May 2015
Alcatel-Lucent dan KT Korea Siap Kembangkan 5G
Ilustrasi (dok)
PARIS (IndoTelko)  – Alcatel-Lucent telah menandatangani sebuah nota kesepahaman dengan penyelenggara layanan telekomunikasi Korea Selatan, KT, di mana kedua perusahaan akan berkolaborasi untuk menguji teknologi jaringan selular 5G serta infrastruktur yang mampu memenuhi tuntutan konektivitas luar biasa yang diperkirakan akan terjadi di masa depan.

Fokus awal kolaborasi adalah teknologi virtualized Radio Access Network (vRAN) Alcatel-Lucent. Di ajang Mobile World Congress tahun ini, Alcatel-Lucent telah mendemonstrasikan bagaimana vRan dapat membantu para operator memenuhi tuntutan konsumen, pasar dan lingkungan yang terus berubah sambil meningkatkan kinerja jaringan serta menurunkan biaya.

Di tengah ledakan permintaan data saat ini yang disebabkan oleh perangkat smartphone dan perangkat selular lainnya, terlebih lagi oleh teknologi-teknologi seperti Internet of Things dan jaringan machine-to-machine (M2M), teknologi 5G menjanjikan kecepatan, kapasitas serta fleksibilitas lebih tinggi, memungkinkan para operator selular memenuhi permintaan layanan data dengan cara yang sangat personal.

5G juga akan memberikan pengalaman yang sangat bebas, yang memungkinkan pengguna serta perangkat terkoneksi mengakses informasi apapun dari manapun dengan cara sesuai pilihan mereka.                                           

Korea Selatan memiliki selera luar biasa akan data : menurut Kementrian Sains, TIK dan Perencanaan Masa Depan, hingga akhir bulan Februari 2015, 72% dari pelanggan selular adalah pengguna smartphone.  

KT ingin memanfaatkan fleksibilitas dan efisiensi yang dijanjikan oleh 5G untuk menawarkan pengalaman broadband selular tanpa hambatan berkualitas tinggi kepada pelanggannya, dengan layanan-layanan penghasil revenue yang telah dipersonalisasi serta berbeda dari yang lain.

“KT mengakui Alcatel-Lucent sebagai pimpinan global teknologi vRAN dan SDN. Kami sangat bersemangat untuk menggunakan teknologi vRAN dan SDN mereka, untuk membantu kami mengimplementasi arsitektur 5G di dalam GiGatopia Vision kami,” kata CTO dan Wakil Presiden Senior KT DongMyun Lee.

Pimpinan Alcatel-Lucent Korea Chi Il Yoo  menambahkan teknologi-teknologi NFV, seperti vRAN adalah langkah vital dalam evolusi menuju 5G. “Bekerja sama dengan KT, lebih menggarisbawahi kepemimpinan kami di bidang ini,” pungkasnya.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year