telkomsel halo

Ericsson Siapkan Inovasi Small Cell untuk 5G

11:17:42 | 01 May 2015
Ericsson Siapkan Inovasi Small Cell untuk 5G
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) – Penyedia jaringan, Ericsson, mulai menyiapkan inovasi small cell untuk mengantisipasi datangnya era 5G.

Ericsson  memprediksi di antara tahun 2010 dan 2020, trafik mobile data per bulan akan meningkat hingga 80 kali lipat. Ini akan membuat kebutuhan layanan 5G menjadi mendesak.

Head of Radio Strategi Ericsson Christian Hedelin mengatakan integrasi small cell ke dalam jaringan operator seluler akan memiliki peran penting karena small cell dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas layanan dengan cara memasangnya di dalam ruangan pada daerah-daerah dengan trafik data yang tinggi.

Pada acara Small Cells Asia di Singapura, Ericsson memberikan penjelasan mengenai teknik penggunaan small cell dan model bisnis yang bisa digunakan para operator.

"Jika sebuah operator mengintegrasikan small cell pada jaringan mereka, mereka dapat memberikan layanan yang lebih baik pada pelanggan mereka," katanya.

Salah satu contoh produk small cell adalah Radio Dot System Ericsson. Ericsson membanggakan bahwa Dot mengkonsumsi daya lebih rendah dari sistem lainnya dan proses instalasi Dot hanya memakan waktu 4 menit. Pihak Ericsson juga menyebutkan bahwa penggunaan Dot System dapat mengurangi kemungkinan panggilan terputus.

"Di tahun 2014, pertumbuhan 3G dan 4G di Asia Tenggara dan Australia terlihat cukup signifikan. Banyak operator yang berusaha untuk memberikan layanan yang baik bahkan saat pelanggan berada dalam ruangan di daerah dengan trafik tinggi. Dengan penggunaan small cell yang terintegrasi, diharapkan hal ini dapat memperluas jangkauan dari operator bahkan hingga ke dalam ruangan," kata Wakil Presiden, Kepala Engagement Practice Mobile Broadband untuk Ericsson Asia Tenggara & Oseania Petra Schirren.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year