telkomsel halo

Indosat Tuntaskan Modernisasi Jaringan di Balikpapan

10:40:10 | 17 Mar 2015
Indosat Tuntaskan Modernisasi Jaringan di Balikpapan
Ilustrasi (dok)
BALIKPAPAN (IndoTelko)  – PT Indosat Tbk (ISAT) telah menuntaskan modernisasi jaringan di  Balikpapan dengan menghadirkan kecepatan akses internet hingga 42 Mbps.

“Balikpapan menjadi kota ke-23 yang dimodernisasi jaringan dengan menerapkan teknologi U900 dan DC-HSPA+, yang mampu memberikan kecepatan maksimal hingga 42 Mbps dengan kualitas sinyal yang lebih baik, di indoor maupun outdoor,” ungkap Head of Region Kalimantan Indosat Arno, dalam siaran pers, kemarin.

Dikatakannya, bagi masyarakat Balikpapan, untuk dapat menikmati Jaringan Baru ini, Indosat telah menghadirkan berbagai paket layanan seperti produk Mentari Super Data 3GB dan IM3 Gratis 30.
Disamping itu dengan akses cepat dan stabil ke internet, pelanggan dapat mendengarkan layanan Arena Musik dari Indosat.

Arena Musik adalah layanan digital musik dimana pelanggan dapat menikmati musik-musik terbaru, terkini, dan terlengkap baik musik lokal maupun musik International. Pelanggan dapat berlangganan melalui *999# untuk dapat menikmati streaming unlimited pada aplikasi Arena Musik yang dapat didownload di application store pada ponsel pelanggan.

Indosat juga melakukan kegiatan uji jaringan (drive test) untuk membuktikan kualitas Jaringan Baru Indosat 42 Mbps di Balikpapan.

Berbagai aktfiitas dunia maya seperti browsing, upload file, atau melihat HD video serta live streaming dilakukan untuk melihat berapa kecepatan yang diberikan. Dalam kegiatan drive test menunjukkan hasil kecepatan maksimal mencapai 20,5 Mbps.

Uji coba jaringan dilakukan dengan melakukan download dan upload file, serta live streaming Youtube. Kecepatan download rata-rata berhasil dicapai 5,9 Mbps melalui live streaming Youtube yang berhasil dilakukan tanpa adanya buffering.

Pengujian kualitas suara juga dilakukan saat drive test dengan mencoba fitur HD Voice. Fitur HD Voice memungkinkan pelanggan Indosat mendapatkan pengalaman menikmati kualitas layanan suara yang lebih jernih, jelas dan seolah tanpa jarak saat melakukan panggilan dengan memanfaatkan layanan Indosat.

Kualitas suara di jaringan Indosat juga dilakukan melalui pengujian kualitas suara (voice) dengan metode pengukuran MOS (Mean Opinion Score) yang menunjukkan bahwa 17% area yang diukur menunjukkan hasil di tingkat excellent (maksimum skor dimana nilai MOS 4-5) dan 76% area lainnya menunjukkan hasil baik dengan nilai 3-4.

Rentang penilaian metode pengukuran MOS sendiri adalah 1-5, dimana angka 5 menunjukkan hasil excellent. Hasil ini sekaligus menunjukkan bahwa kualitas suara layanan Indosat berada pada tingkat superior (terbaik) dibandingkan dengan yang lain.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year