telkomsel halo

Tok! Rudiantara Terbitkan Surat Edaran Penataan Frekuensi 1.800 MHz

16:18:26 | 14 Feb 2015
Tok! Rudiantara Terbitkan Surat Edaran Penataan Frekuensi 1.800 MHz
Ilustrasi (dok)
JAKARTA (IndoTelko) –  Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menepati janjinya untuk menerbitkan Surat Edaran dalam rangka mempercepat penataan pita frekuensi 1800 MHz.

Juru Bicara Kemenkominfo Ismail Cawidu mengungkapkan Menkominfo telah menandatangani  surat edaran pada tanggal 13 Februari 2015. “Ini guna menata industri telekomunikasi menuju kondisi industri yang sehat dan ideal,” katanya dalam situs resmi Kemenkominfo.

Penataan ini didasarkan pada hasil kesepahaman dan kesepakatan para penyelenggara telekomunikasi dimana posisi frekuensi dari kiri ke kanan diisi oleh XL, Tri, Indosat, Telkomsel. (Baca juga: 4G di 1.800 MHz akan jelajahi seluruh Indonesia)

Dimintanya operator menyiapkan hal-hal yang diperlukan dalam menjamin implementasi penataan pita frekuensi radio 1800 MHz. Diharapkan juga agar penataan  pita frekuensi radio 1.800 MHz dimuat dalam program kerja perusahaan tahun 2015 termasuk dukungan pendanaan, perangkat, jasa, dan sumber daya manusia.

Selain itu,  operator  juga diminta mengadakan pertemuan perencanaan bersama (join planning session) dengan penyelenggara lain serta dengan Ditjen SDPPI dan Ditjen PPI termasuk pembahasan mekanisme dan jadwal migrasi yang berbasiskan wilayat (cluster) dengan mempertimbangkan tetap terjaganya layanan kepada  konsumen dan melaksanakan sosialisasi penataan pita frekuensi radio 1.800 MHz.

Selanjutnya, Kemenkominfo  akan menyiapkan instrumen regulasi berupa Peraturan Menteri dan peraturan pendukung lainnya untuk penataan pita frekuensi radio 1800 MHz dalam bentuk peraturan dan keputusan.

“Penataan dimulai sebelum pertengahan tahun 2015, sehingga ada beberapa cluster yang sudah digelar jaringan dan layanan komersial LTE 1800 MHz. Penataan pita frekuensi radio 1800 MHz secara nasional diselesaikan pada bulan Desember 2015, dengan catatan tidak ada kegiatan penataan pita frekuensi radio 1800 MHz pada freeze period seperti menyambut hari raya Idul Fitri,” pungkasnya.(ak)

Ikuti terus perkembangan berita ini dalam topik
Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
More Stories
Data Center Service Provider of the year