telkomsel halo

Smartfren Genjot Utilisasi Jaringan EVDO Rev B

13:29:15 | 29 Jun 2014
Smartfren Genjot Utilisasi Jaringan EVDO Rev B
Ilustrasi (Dok)
JAKARTA (IndoTelko) – PT Smartfren Telecom Tbk (FREN) tengah berupaya untuk menggenjot utilisasi dari jaringan data yang bisa menyajikan kecepatan hingga 14,7 Mbps bagi pelanggannya.

Akses data kecepatan tinggi itu bisa dicicipi karena teknologi Evolution Data Optimizes (EVDO) Rev B Fase II telah dibangun di 8 kota besar.

“Kami ada 6 ribu BTS, sekitar 2 ribu diantaranya sudha adopsi Rev B di Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan Denpasar,” ungkap CTO Smartfren Merza Fachys belum lama ini.

Vice President Network Management Smartfren, Munir Syahda Prabowo mengungkapkan, utilisasi dari akses dengan kecepatan tinggi ini masih rendah dimana load trafiknya baru 30% saja.  

Dikatakannya, ada beberapa kendala untuk memacu utilisasi jaringan terutama di sisi perangkat konsumen dimana harganya lumayan mahal dan variasi masih terbatas. Smartfren sendiri baru memiliki Windows Phone yang mendukung teknologi ini yakni produk Huawei Ascend W1-C00.

"Harganya untuk entry level masih mahal. Baru untuk modem WiFi dan router dongle saja yang ramah kantong. Di smartphone karena ekosistemnya masih kecil jadi masih mahal," pungkasnya.

Dalam catatan, Smartfren memang paling serius mengembangkan teknologi CDMA walau dianggap sudah memasuki masa senja oleh banyak kalangan. Pertengahan tahun lalu didukung Qualcomm, Smartfren menggelar Data Optimized (DO) Advanced di lima kota besar di Pulau Jawa untuk mengantisipasi kenaikan trafik data.(ak)

Artikel Terkait
Rekomendasi
Berita Pilihan
IndoTelko Idul Fitri 2024
More Stories
Data Center Service Provider of the year